RANCANG BANGUN SISTEM PEMBELAJARAN CERDAS BERBASIS MEDIA INTERAKTIF DAN ANALISIS PERSONAL

Lois Kumala Saputra

Abstract


Abstrak

Pendidikan yang efektif membutuhkan pendekatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa. Proses pembelajarannya juga perlu pendekatan yang sama, mengingat setiap individu memiliki cara dan kecepatan belajar yang berbeda. Dengan perkembangan teknologi khususnya pada sektor pendidikan, pendekatan melalui media digital menjadi salah satu alternatif terbaik untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini berfokus pada pengembangan sebuah aplikasi pembelajaran berbasis kecerdasan buatan yang dirancang untuk menggabungkan interaksi digital dengan kemampuan analisis personal. Aplikasi ini memuat berbagai fitur, seperti chatbot pembelajaran, video edukatif singkat, dokumen materi, kuis interaktif, dan permainan edukasi, yang dirancang untuk menyesuaikan dengan gaya belajar siswa masa kini. Melalui fitur analisis personal, sistem ini mampu membaca pola aktivitas pengguna dan memberikan saran belajar yang sesuai dengan kebiasaan serta kebutuhan masing-masing individu, baik siswa maupun guru. Dengan demikian, aplikasi ini tidak hanya menjadi sarana pembelajaran, tetapi juga alat bantu untuk memahami bagaimana pengguna belajar dan bagaimana mereka bisa dibimbing lebih optimal. Meskipun masih dalam tahap pengembangan awal, desain sistem dan konsep aplikasi ini menunjukkan arah yang jelas dan potensi besar menuju pembelajaran yang lebih adaptif, kontekstual, menyenangkan serta relevan dengan perkembangan zaman.

 

Kata kunci: Pembelajaran Cerdas, Media Interaktif  Analisis Personal

 

Abstract

Effective education requires an approach that can be tailored to the needs of each student. The learning process itself also needs a similar strategy, considering that every individual has a unique way and pace of learning. With the advancement of technology, particularly in the education sector, digital media has become one of the best alternatives to enhance student engagement in the learning process. This research focuses on the development of an AI-based learning application designed to combine digital interaction with personal analysis capabilities. The application includes various features such as a learning chatbot, short educational videos, learning documents, interactive quizzes, and educational games, all of which are designed to match the learning styles of today’s students. Through its personal analysis feature, the system is capable of identifying user activity patterns and providing personalized learning recommendations based on individual habits and needs—for both students and teachers. Thus, the application not only serves as a learning tool but also as a support system to understand how users learn and how they can be guided more effectively. Although still in its early development stage, the system design and application concept show clear direction and strong potential for fostering a more adaptive, contextual, engaging, and relevant learning experience in line with modern educational advancements.

 

Keywords: Smart Learning, Personal Analysis Interactive Media


Full Text:

PDF

References


Amelia, R., Izzah, S. N. R., Hikmah, M. A., Abu Bakar, M. Y. (2025). Memahami Gaya Belajar Siswa: Kunci Keberhasilan Personalisasi Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), (2) 1, 287–300.

Arly, A., Dewi, N., dan Andini, R. (2023). Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A. Prosiding Seminar Nasional, (3) 1, 362–374.

Ayuwanti, I. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Smk Tuma’ninah Yasin Metro. Jurnal SAP,(1) 2, 105–114, https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017.

Azizah, N., Mutolib, A., dkk. (2024). Ragam Metode Pembelajaran Menarik Untuk Anak Usia Dini : Konsep Dan Praktek. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (8) issue 1, 75–83,

https://doi.org/10.24853/yby.8.1.75-83.

Cahyaningrum, Y., Cuhanazriansyah, M. R. (2023). Penerapan Revolusi Industri 4.0 di Dunia Pendidikan Untuk Pembelajaran Mata Kuliah Sistem Operasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Mahaputra Muhammad Yamin, (2) 2, 76-87. https://doi.org/10.36665/jupemy.v2i2.387.

Cuhanazriansyah, M. R., & Cahyaningrum, Y. (2023). Peran Media Pembelajaran Berbasis Etno-Steam Pada Proses Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Journal Of Global Humanistic Studies, (2) 1, 1-9. https://philosophiamundi.id/index.php/philosophia/article/view/8.

Harun, M., Ratnaningsih, N., dan Supratman. (2024). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik. Jurnal Cendekia. Jurnal Pendidikan Matematika, (8) 2, 1735–174, https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.1185.

Khaeriyah, E. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, (4) 2, 102–119,

https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155.

Kurniawan, D., dan Armansyah. (2023). Pendekatan Sdlc Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Pendaftaran Kursus. Technologia:Jurnal Ilmiah, (14) 3, 273–277,

https://doi.org/10.31602/tji.v14i3.11399.

Maola, P. S., Handak, I. S. K., dan Herlambang, Y. T. (2024). Penerapan Artificial Intelligence Dalam Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, (11) 1, 61–72, https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.24772.

Mardatillah, A., Putri, H., dkk. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, (9) 22, 98–105,

https://doi.org/10.5281/zenodo.10082148.

Nasution, L. M. (2017). STATISTIK DESKRIPTIF. Jurnal Hikmah, (14) 1, 49–55.

Pemungkas, W. A. D., dan Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, (4) 3, 346–354.

Pertiwi, G. R., Jailani, M. S., dan Isma, A. (2024). Implementasi Artificial Intelligence dalam Sebuah Perspektif Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, (6) 4, 3725–3733,

https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7436.

Ridwan, M., Fitri, I., dan Benrahman. (2021). Rancang Bangun Marketplace Berbasis Website menggunakan Metodologi Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan Model Waterfall. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, (5) 2, 173–184, https://doi.org/10.35870/jtik.v5i2.209.

Romdona, S., Junita, S. S., dan Gunawan, A. (2025). Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara Dan Kuesioner. Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan Politik, (3) 1, 39–47.

Siregar, Y. F. H., Kharisma, N. L., Hasibuan, S. E. (2024). Peran Teknologi Digital Dalam Transformasi Pembelajaran di Era Pendidikan Modern. Jurnal Pendidikan dan Dakwah, (1) 1, 85–91.

Sofwatillah, Risnita, Jailani, M. S., Saksitha, D. A. (2024). Tehnik Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif Dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, (15) 2, 79–91.

Suryanto, A. E., Lumbantobing, M. A., dan Pancawati, R. (2024). Transformasi Pendidikan Melalui Penggunaan Chatbot: Manfaat, Tantangan, dan Rekomendasi untuk Masa Depan. Journal on Education, (6) 4, 20466–20477.

Wani, A. S., Yasmin, F. A., Rizky, S., Syafira, Siregar, D. Y. (2024). Penggunaan Teknik Observasi Fisik dan Observasi Intelektual Untuk Memahami Karakteristik Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, (8) 1, 3737–3743.

Winarno. (2024). Implementasi Personalized Learning Menggunakan Litercy Ict Digital : Sebuah Systematic Literatur Review. Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, (3) 1, 26–37,

https://doi.org/10.37792/hinef.v3i1.1169.

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar, (3) 1, 17–24.

https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3216.

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., dan Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan, (3) 1, 15–20,

https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.