PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM TRANSFORMASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

Nur Afifatul Hidayah

Abstract


Abstrak

Di era digital saat ini, kemajuan teknologi telah menyebabkan perubahan besar dalam segala aspek kehidupan manusia, terutama dalam bidang pendidikan. Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah salah satu teknologi yang sangat penting dalam mengubah pendidikan.Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui sejauh mana AI dalam memproses transformasi pendidikan di era digital. Saat ini, AI mampu membuat sistem pendidikan menjadi lebih personal, adaptif terhadap kebutuhan siswa masing-masing, serta meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih efisien baik bagi peserta didik maupun pendidik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi pustaka atau kajian teori yakni dengan mengumpulkan dan menelaah teori dari berbagai macam sumber seperti jurnal, artikel, skripsi, majalah, serta sumber lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya AI akses pendidikan menjadi lebih luas, serta kualitas pembelajaran menjadi lebih meningkat. Dengan adanya AI, diharapkan proses belajar mengajar diharapkan menjadi lebih fleksibel dan responsif terhadap perkembangan teknologi, sehingga AI memiliki potensi besar dalam mewujudkan sistem pendidikan yang lebih efektif dan modern.

 

Kata kunci: Pendidikan, Artificial Intelligence, Pembelajaran digital

 

 

Abstract

In the current digital era, technological advances have caused major changes in all aspects of human life, especially in the field of education. Artificial Intelligence (AI) is a technology that is very important in changing education. The aim of this research is to find out the extent of AI in processing educational transformation in the digital era. Currently, AI is able to make the education system more personalized, adaptive to the needs of each student, and improve the learning process to be more efficient for both students and educators. The method used in this research is the literature study method or theoretical study, namely by collecting and reviewing theories from various sources such as journals, articles, theses, magazines and other sources. The results of this research show that with AI access to education becomes wider, and the quality of learning improves. With the existence of AI, it is hoped that the teaching and learning process will become more flexible and responsive to technological developments, so that AI has great potential in realizing a more effective and modern education system.

 

Keywords: Education, Artificial Intelligence, Digital learning.


Full Text:

PDF

References


Apriadi, R. T., & Sihotang, H. (2023). Transformasi mendalam pendidikan melalui kecerdasan buatan: Dampak positif bagi siswa dalam era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31742-31748.

Cahyaningrum, Y., Cuhanazriansyah, M. R., & Labib, M. (2023, October). Pengembangan Inovasi Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA (Vol. 1, No. 1, pp. 248-253).

Hakim, L. (2025). 7 Penerapan AI dalam Bidang Pendidikan. Deepublish Store.

Jafar, M., Asfar, A. M. I. T., & Asfar, A. M. I. A. (2024). Artificial Intelligence dalam Pendidikan dan Penelitian: Tantangan dan Solusi Menghadapinya. Prosiding Simposium Nasional Kepemimpinan Perguruan Tinggi Indonesia, 1(1).

Kasman, R. A., Burhan, & Munir, A. M. H. B. (2024). Peran dan Tantangan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Pendidikan Tinggi: Implementasi dan Implikasi Etis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Strategi Transformasi Digital Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Penerapan Artificial Intelligence Dalam Dunia Pendidikan. (2023). Stuvia.

Putri, D. A., & Wicaksono, H. (2022). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Digital di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 7(1), 60–68.

Sucianingtyas, R., Falistya, L. R., Pujiana, S., Prayogi, A., & Laksana, S. D. (2025). Telaah Ragam Artificial Inteligence (AI) Dalam Pendidikan. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2), 232-243.

Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020). Kajian teori dalam penelitian. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49-58.

Sutrisno, R. (2021). Kecerdasan Buatan dan Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 45–52.

Yulianti, G., Bernardi, B., Permana, N., & Wijayanti, F. A. K. W. (2023). Transformasi pendidikan Indonesia: Menerapkan potensi kecerdasan buatan (AI). Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 102-106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.