ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ASPEK GENDER PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI
Abstract
Abstrak
Permasalahan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di Mts Hifzhil Quran membuat perlu dilakukannya analisis terhadap kemampuan komunikasi matematis tersebut. Sehingga penelitin ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa di MTs Hifzhil Quran yang ditinjau dari segi gender pada materi matematika, relasi dan fungsi. Subyek yang akan diteliti pada riset ini adalah siswa kelas VII MTsS Hifzhil Quran yang terdiri dari 60 siswa yang selanjutnya dibagi lagi sesuai kriteria gender yaitu 30 orang laki-laki dan 30 orang perempuan. Data dikumpulkan melalui tes komunikasi matematis yang dimiliki siswa. Tes ini disusun berdasarkan indikator yang dimiliki oleh kemampuan komunikasi matematis itu sendiri yaitu menggambar, ekspresi matematika dan menulis. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa di MTS Hifzhil Quran komunikasi matematis siswa perempuan lebih unggul daripada komunikasi matematis yang dimiliki siswa laki-laki. Adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis sangat dipengaruhi oleh karakteristik yang dimiliki oleh perempuan dan laki-laki itu sendiri. Untuk itu seharusnya guru dapat memperhatikan aspek gender dalam mengatasi permasalahan terkait komunikasi matematis siswa serta membiasakan siswa menyelesaikan soal-soal matematika yang terkait dengan kemampuan komunikasi matematis.
Kata kunci: Analisis, Komunikasi Matematis, Gender
Abstract
The issue of low mathematical communication skills among students at MTs Hifzhil Quran necessitates an analysis of these skills. Therefore, this study aims to analyze the mathematical communication abilities of students at MTs Hifzhil Quran from a gender perspective, specifically in the mathematics topic of relations and functions. The subjects of this research are seventh-grade students at MTsS Hifzhil Quran, consisting of 60 students who are further divided according to gender criteria—30 male students and 30 female students. Data were collected through a mathematical communication skills test administered to the students. This test was designed based on the indicators of mathematical communication skills, which include drawing, mathematical expression, and writing. The study results showed that female students at MTs Hifzhil Quran demonstrated superior mathematical communication skills compared to male students. The difference in communication skills is significantly influenced by the inherent characteristics of males and females. Therefore, teachers should take gender aspects into account when addressing issues related to students' mathematical communication and should also encourage students to practice solving mathematics problems that involve communication skills regularly.
Keyword: Analysis, Mathematical Communication, Gender
Full Text:
PDFReferences
Anwar, S., Salsabila, I., Sofyan, R., & Amna, Z. (2019). LAKI-LAKI ATAU PEREMPUAN, SIAPA YANG LEBIH CERDAS DALAM PROSES BELAJAR? SEBUAH BUKTI DARI PENDEKATAN ANALISIS SURVIVAL. Jurnal Psikologi, 18(2), 281. https://doi.org/10.14710/jp.18.2.281-296
Babys, U. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Gender. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 25–29. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4771
Charisma, N., Heldayani, E., & Tanzimah, T. (2022). Pengaruh Karakteristik Gender Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 32 Palembang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 257–268. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.661
Dewi, S. P., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), 699. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3687
Fitriani, D., & Latifah, N. A. (2021). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika SMP.
Hodiyanto. (n.d.).
Imanisa, N., & Effendi, K. N. S. (n.d.). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA.
Khisan, F. C., & Amelia, R. (n.d.). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI PLSV DITINJAU BERDASARKAN KAM.
Lubis, R. N., Meiliasari, & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. JRPMS (Jurnal Riest Pembelajaran Matematika Sekolah), 7(2), 23–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03
Narpila, S. D. (2023). Pengembangan instrumen penilaian matematika berbasis literasi numerasi menggunakan aplikasi Quizizz. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 446–461. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2418
Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880
Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (n.d.). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita.
Salim Nahdi, D. (2019). KETERAMPILAN MATEMATIKA DI ABAD 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1386
Suhenda, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049
Suprihatin, M., Wahyuni, E. D., & Kurniawati, E. T. (2017). PENGARUH GENDER, INTELLIGENT QUOTIENT (IQ), EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) TERHADAP PERTIMBANGAN PEMBERIAN OPINI AUDITOR. Jurnal Reviu Akuntansi dan Keuangan, 6(2). https://doi.org/10.22219/jrak.v6i2.01
Ulyawati, M. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent (FD). Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(2), 125. https://doi.org/10.30659/kontinu.4.2.125-135
Widyawati, E. P., Luthfiya, A., Arifin, N., Farhah, A., & Nurul, C. (n.d.). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika.
Wulandari, E., Faturrohman, H., Tri Widodo, S., Indah Wahyuni, N., & Ningsih, F. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS II SDIT INSAN MULIA SEMARANG: Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1415–1424. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2086
Yuniarti, Y. (2016). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2). https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575
Zafrullah, Z., Sultan, J., Ayuni, R. T., & Uleng, A. T. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Gender dan Aspek di Sekolah Menengah Atas.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.