PEMANFAATAN MEDIA QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nindy Amelya

Abstract


Abstrak
Teknologi informasi dan komunikasi serta ilmu pengetahuan telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam bidang pendidikan. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan dalam dunia Pendidikan yaitu pemanfaatan aplikasi pembelajaran digital. Quizizz termasuk salah satu contoh aplikasi pembelajaran digital yang bisa dimanfaatkan secara efelktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan kajian literatur terkait pemanfaatan Quizizz dalam pembelajaran matematika di SD, SMP maupun SMA. Metode Systematic Literature Review (SLR) ialah metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini. Proses pengumpulan data meliputi review beberapa jurnal terkait aplikasi Quizizz yang dipublikasikan dalam kurun waktu 2019-2024. Jurnal yang dianalisis sejumlah 10 jurnal yang didapat melalui database Google Shcolar. Dari penelitian ini didapatkan bahwa Quizizz membantu siswa meningkatkan hasil belajar, semangat belajar dan keaktifan siswa saat pembelajaran matematika berlangsung.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Quizizz, Pembelajaran matematika,

Abstract
Information and communication technology and science have achieved significant progress in the field of education. One innovation that can be carried out in the world of education is the use of digital learning applications. Quizizz is an example of a digital learning application that can be used effectively. The aim of this research is to conduct a literature review regarding the use of Quizizz in mathematics learning in elementary, middle and high school. The Systematic Literature Review (SLR) method is the research method used in this research. The data collection process includes a review of several journals related to the Quizizz application published in the 2019-2024 period. The journals analyzed were 10 journals obtained through the Google Shcolar database. From this research it was found that Quizizz helps students improve learning outcomes, enthusiasm for learning and student activity when learning mathematics takes place.

Keywords: Learning Media, Quizizz, Math learning

Full Text:

PDF

References


Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.5(5): 3109-3116.

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. 2022. Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(3): 3203-3213.

Citra, C. A., & Rosy, B. 2020. Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8(2): 261-272.

Devi, I. P., Irnawati, L., Pantin, L. D. S. P., Amelya, N., & Mufidatin, S. (2023, October). Media ULTRASI (Ular Tangga Numerasi) Pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FPMIPA, Bojonegoro: Oktober 2023. Hal: 495-503.

Fadhlurrohman, D., Fitriyanti, N., Nasir, F., & Setiyani, S. 2020. Praktikalitas media interaktif quizizz pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), Pekalongan: 1 Januari 2020. Hal: 55-64.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. 2022. Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika. 3(3): 636-646.

Handayani, I. G. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran dengan Quizizz. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 9(2): 66-73.

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. 2021. Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh. Jambura Journal of Mathematics Education. 2(2): 59-69.

Herlambang, A. &. 2016. Edmodo untuk Meningkatkan Kualitas Perencanaan Proyek dan Efektivitas Pembelajaran di Lingkungan Pembelajaran yang Bersifat Asinkron. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). 3(2): 1–8.

Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. 2020. Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.

Maghfiroh, N. W. 2018. Pengaruh Penerapan Media Edmodo Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Anwarul Maliki Sukorejo Pasuruan. Dissertation. Universitas Yudharta.

Mulyati, S., & Evendi, H. 2020. Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 64-73.

Nasrullah, E. 2017. Efektivitas Penggunaan Media Edmodo pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunukasi Matematis. SYMMETRY: Pasundan Journal of Research on Mathematics Learning and Education. 2(1): 1-10.

Permatasari, K. G. 2021. Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy. 14(2): 68-84.

Putra, A., & Milenia, I. F. 2021. Systematic literature review: media komik dalam pembelajaran matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 30-43.

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD. 2(1): 55-66.

Ratnawati, W., Retno, R. S., & Triastuti, N. 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pemanfaatan Media Quizizz Pada Siswa Kelas 5 SDN Wonosari 2. JPG: Jurnal Pendidikan Guru. 5(1): 14-25.

Siregar, D. S., & Ananda, R. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Matematika Ular Tangga untuk Siswa Tunarungu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2): 1924-1935.

Sumarni, D. A. 2022. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Game Edukasi Quizizz di Kondisi New Normal Kelas XII IPA SMAN 1 Sungai Tabuk. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah. 2(1): 1-8.

Supriyatin, T. 2024. Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Quizizz dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Nusantara Education. 3(2): 19-29.

Tiana, A., Krissandi, A. D. S., & Sarwi, M. 2021. Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui media game quizizz pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(06): 943-952.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.