PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Abstract
Penurunan hasil belajar matematika siswa menjadi masalah signifikan terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini mengevaluasi hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode yang digunakan adalah SLR (Systematic Literature Review) dengan menganalisis studi dari jurnal-jurnal terindeks. Studi dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi untuk memastikan validitas dan reliabilitas. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa banyak penelitian menyatakan peningkatan hasil belajar siswa dalam matematika berkat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Model ini terbukti berdampak signifikan, menunjukkan kemajuan dalam kemampuan menyelesaikan masalah matematika, pemahaman konsep, dan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini menyarankan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebagai strategi efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika di berbagai tingkat pendidikan.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model Jigsaw, Peningkatan Hasil Belajar Matematika.
Abstract
The decline in students' mathematics performance is a significant issue affecting the quality of education in Indonesia. This study evaluates students' mathematics performance using the Jigsaw cooperative learning model. The method employed is a systematic literature review (SLR), analyzing studies from indexed journals. Studies were selected based on specific inclusion and exclusion criteria to ensure validity and reliability. The review results indicate that many studies report improved student performance in mathematics due to the Jigsaw cooperative learning model. This model has a significant impact, showing advancements in problem-solving skills, conceptual understanding, and active participation. The study suggests implementing the Jigsaw cooperative learning model as an effective strategy to enhance mathematics performance across various educational levels.
Keywords: cooperative learning, jigsaw model, increasing mathematics learning outcomes
Full Text:
PDFReferences
Amsikan, S., Bete, J. K., & Salsinha, C. N. 2023. Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran REACT dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 5(2): 680-690.
Anitra, R. 2021. Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia). 6(1): 8-10.
Aprita, Y. M., Nuraeni, Y. S., Warpindyastuti, L. D. & Syarif, M. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. 6(2): 111-123.
Dusalan, D., & Sowanto, S. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dan Respon Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa SMP Negeri 5 Wera. PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan. 5(1): 36-46.
Habsyi, R. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Statistik. JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika. 2(2): 65-79.
Joyce, B., & Weil, M. 1980. Model of teaching. New Jersey: Prentice-Hall.
Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9(2): 279-295.
Magdalena, I., Agustin, E. R., & Fitria, S. M. 2024. Konsep Model Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan. 3(1): 1-10.
Mikrayanti, M. (2020). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Supermat: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1): 36-37.
Mulyono, M., Sunhaji, S., & Wahab, W. 2021. Implementasi Straregi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan. 9(2): 325–335.
Pujingsing, R. R. S. H. 2021. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mtematika dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Garung. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 8(1): 50-56.
Purwaningsih, A. S., & Harjono, N. 2023. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 9(3): 1204-1212.
Rahayu, E. & Hartono, H. 2016. Keefektifan Model PBL dan PjBL Ditinjau dari Prestasu, Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. 11(1): 1.
Ramadhani, W. P., & Indrawati, A. G. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt) dengan Media Pembelajaran Ultpygo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. JIPMat. 5(2): 211-230.
Resmi, N. W. 2022. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research. 6(4): 549.
Rustam, A., dkk. 2021. Meta analisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa SD. Journal Tunas Bangsa. 9(2): 102-110.
Simaremare, J. A., & Thesalonika, E. 2021. Penerapan Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tunas Bangsa. 8(2): 116-117.
Sulistiawati, D. & Setyawan, A. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V Materi Pecahan. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal. 4(1): 77-87.
Surur, M., D. 2020. Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal. 57(9): 1196–1205.
Uki, N. M., & Liunokas, A. B. 2021. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Make A Match terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Basicedu. 5(6): 5542-5547.
Waryanti, D. & Watulingas, J. R. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Lingkaran di Kelas VIII. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika. 10(1): 31.
Yunus, R. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui metode pembelajaran jigsaw di kelas vi sdn 06 indralaya utara. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi. 13(1): 16-26.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.