PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS X MA ABU DARRIN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas X MA Abu Darrin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Quasi Experimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan dokumentasi dan instrumen tes. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X dengan sempel penelitian yang terdiri dari kelas experimen berjumlah 37 siswa dan kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Hal ini terbukti dari uji t dengan taraf signifikansi 5% (0,05), di mana lebih besar dari (2.085230551 > 1.993943368).
Kata kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, Hasil belajar.
Abstract
This research aims to determine the effect of the problem-based learning model on student learning outcomes in the material on two-variable linear equation systems for class X MA Abu Darrin. This research uses a quantitative approach with a Quasi Experiment. The data collection technique used is documentation and test instruments. The subjects in this research were class X students with a research sample consisting of an experimental class of 37 students and a control class of 36 students. The results of this research show that the problem-based learning model influences student learning outcomes in the material on two-variable linear equation systems. This is proven by the t test with a significance level of 5% (0.05), where t_count is greater than t_table (2.085230551 > 1.993943368).
Keywords: Problem Based Learning Model, Learning Outcomes.
Full Text:
PDFReferences
Kharisma, dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education. 1(1): 34.
Maryati, I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(1): 63–74.
Paramartha, dkk. 2022. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi aritmetika sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 2(3): 810–820.
Rahman, S. 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar. November, 289–302.
Saraswati, P. M. S. & Agustika, G. N. S. 2020. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika.
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(2): 257.
Yuniasih dkk. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Pembelajaran Tematik di SDN Bandungrejosari 3 Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. 6(November). 1–7.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.