LITERATURE REVIEW: KESULITAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ALJABAR

Indah Nur Hariati, Novi Mayasari, Anis Umi Khoirotunnisa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mengkaji kesulitan dalam pembelajaran aljabar dengan fokus pada penalaran matematis di tingkat pendidikan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa siswa sering menghadapi tantangan dalam memahami dan menggunakan konsep-konsep aljabar. Tujuan utama dari studi ini adalah untuk melakukan tinjauan pustaka menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), dengan mengumpulkan dan mereview 12 artikel terakreditasi dari Google Scholar yang diterbitkan antara tahun 2014 hingga 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menghadapi berbagai kesulitan dalam mempelajari matematika, termasuk kesulitan dalam mengidentifikasi, merepresentasikan, dan mengenali sifat-sifat konsep aljabar. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa mencakup kompleksitas topik matematis tertentu serta kesulitan dalam mengabstraksi informasi dari model presentasi matematis. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dalam mengatasi kesulitan siswa dalam aljabar, dengan harapan dapat memperbaiki hasil pembelajaran matematika di masa depan.

Kata kunci : kesulitan belajar, aljabar.

Abstract

This research examines difficulties in learning algebra with a focus on mathematical reasoning at the educational level. Several studies have shown that students often face challenges in understanding and using algebraic concepts. The main objective of this study is to conduct a literature review using the Systematic Literature Review (SLR) method, by collecting and reviewing 12 accredited articles from Google Scholar published between 2014 and 2023. The results show that students face various difficulties in learning mathematics, including difficulty in identifying, representing, and recognizing the properties of algebraic concepts. Factors that influence student difficulties include the complexity of certain mathematical topics as well as difficulty in abstracting information from mathematical presentation models. This research provides important insights for more effective learning approaches in overcoming students' difficulties in algebra, with the hope of improving mathematics learning outcomes in the future.

Keywords: Learning difficulties,  algebra.


Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Junarti, Zuhriah, F. 2022. Profil Literasi Matematis dan Gaya Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022, pp. 141-150.

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Andriani, P. 2015. Penalaran Aljabar Dalam Pembelajaran Matematika. Beta. 8(1): 1-13.

Ardiyanti., Bharata, H., Yunarti, T. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. 2(7).

Asrafi, R. A. B., & Rahmi, Y. 2022. Literatur Review: Working memory dan Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Flourishing. 2(6): 487–491.

Baiq & Masjudi. 2019. Analisis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Kelas VIII MTs. Media Pendidikan Matematika. 7(2): 25-36.

Begle, E. G. 1979. Critical Variables in Mathematics Education. Reston: VA.

Bell, Fredrick. 1981. Teaching and Learning Mathematics (In Secondary Schools). USA: Wm. C. Brown Company Publishers.

Dipayana, I. K. M., Gading, I. K., & Japa, I. G. N. 2019. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Komputasi. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 7(3).

Ekawati., & Saragih, M. G. 2018. Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi Kasus pada Siswa Kelas VII Sekolah ABC Lampung. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT. 14(1): 53-64.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 11(1): 27–35.

Febian & Astuti, P. 2020. Pemahaman Objek Abstrak Matematika Guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bintan. Jurnal Anugerah. 2(1): 13-18.

Febriana, B. L., & Masyudi. 2019. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Kelas VIII MTs. Media Pendidikan Matematika. 7(2): 25-36.

Hasibuan, I. 2015. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang. 4(1): 5-11.

Istiqomah, Junarti, Ningrum, I.K. 2021. Proses Koneksi Matematis secara Prosedural Materi Perbandingan ditinjau dari Asimilasi dan Akomodasi. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2): 130-141.

Junarti, Zainudin, M., & Utami, A.D. 2022. The sequence of algebraic problem-solving paths: Evidence from structure sense of Indonesian student. Journal on Mathematics Education. 13(3): 437-464.

Junarti, Zainudin, M. 2022. Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama. 9(2): 107-123.

Junarti, Yani, T.A. & Amin, A. K. 2023. Building Student’s Mathematical Connection Ability In Abatract Algebra: The Combination of Analogy-Construction-Abstraction Stages. Journal of Education, Teaching, and Learning. 8(1): 80-97.

Junarti, Sujiran, Rohman, N., Abidah, A. 2023. Profil Tahapan Proses Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Limit Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Daring Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi) IKIP PGRI Bojonegoro 27 Juni 2023. 1(1): 444-454.

Katili A., Haryono, Wyrasti, A, A. 2023. Profil Kesulitan Siswa Kelas VII Dalam Memahami Konsep Bentuk Aljabar. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika). 9 (1): 1-11.

Martati, I. Dkk. 2022. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210-220. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2044

Nugraha, N., Kadarisma,G., Setiawan, W. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP Kelas VII. Journal On Education,1(2), 323-334. http://jonedo.org/index.php/joe/article/view/72/59

Puspita, N. L. I., & Masriyah. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Dari Perbedan Jenis Kelamin. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(3), 448-457. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/42497

Pratiwi, S.Y. (2021). Peningkatan Literasi Matematika Pada Mata Pelajaran Limit Fungsi Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas XI MIPA 4 Semester 2 SMA Negeri 1 Subah Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Purnomo, R., Junarti, Khoirotunnisa, A.U. 2023. Pengembangan Media Aplikasi Berani (Berbasis Android Untuk Materi Fungsi) Untuk Membangun Pemahaman Konsep Fungsi Pada Siswa Kelas X MA Al-Khoiriyah Balen Kabupaten Bojonegoro. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 3(1), 1-13

Raharjo, I., Rasiman, & Untari, M.F.A. 2021. Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96-101.

Rangkuti, A. N. 2022. Diagnostik Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Aljabar. AXIOM: Jurnal Pendidikan & Matematika, 11(2), 116-126. DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.13310

Ratumanan, T.G. 2016. Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian pada Lulusan SMA Di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2): 146-154.

Sari, E.D.P., Junarti, Nur Rohman. 2023. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Secara Prosedural Siswa SMP Pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel. J’THOMS (Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 3(1), 34-41.

Samad, A. & Siduppa, B.R.S. 2022. Kesalahan Dalam Pemahaman Objek Dasar Matematika Tentang Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 17-29.

Simin, Yani T. A., & Bistari. 2022. Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dari Struktur Kognitif pada Konsep Limit Fungsi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1): 48-57.

Sundari, S., & Wulantina, E. 2022. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Linear: Jurnal of Mathematics Education. 3(2): 147-158.

Syahdela, A.A, Junarti, Zuhriah, F. 2022. Profil Literasi Matematis dan Profil Hasil Belajar Matematika menggunakan Media Pembelajaran Quizizz pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022. pp. 205-214.

Syarah, S. Harap, Y, N., & Putri, J, H. 2023. Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Materi Aljabar. Journal on Education. 5(4): 16067-16070.

Yusriani, S.H. 2019. Kesalahan Pemahaman Objek Dasar Matematika pada Bentuk Aljabar Siswa SMP Siswa VIII. Thesis. Universitas Negeri Makasar. http://eprints.unm.ac.id/14840/1/Artikel.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.