ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BARISAN DAN DERET ARITMETIKA MENGGUNAKAN TEORI NEWMAN

E Cin Riera, Junarti Junarti, Boedy Irhadtanto

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini perlu dilakukan agar bisa membantu menemukan kesalahan apa saja yang dilakukan siswa sehingga akan lebih mudah menemukan solusi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan tersebut dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah 22 orang siswa kelas XI di SMK Santika Jiken. Analisis dilakukan dengan memberikan tes tertulis berbentuk soal uraian yang berjumlah 5 soal. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini menggunakan tahapan analisis kesalahan menurut Newman. Analisis data mengacu pada reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh persentase kesalahan reading error 9%, comprehension error 19%, transformation error 28%, process skill error 42%, dan encoding error 33%.

Kata Kunci: analisis kesalahan, aritemtika, newman

 

Abstract

The aim of this research is to analyze students' errors in solving arithmetic sequences and series problems. The method used in this research is descriptive qualitative. This research needs to be carried out so that it can help find out what mistakes students make so that it will be easier to find solutions to minimize the occurrence of these mistakes in learning. The subjects of this research were 22 class XI students at Santika Jiken Vocational School. Analysis was carried out by giving a written test in the form of essay questions totaling 5 questions. The research was conducted in the even semester of the 2023/2024 academic year. This research uses the error analysis stages according to Newman. Data analysis refers to data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on data analysis, the percentage of reading error was 9%, comprehension error was 19%, transformation error was 28%, process skill error was 42%, and encoding error was 33%.

 

Keywords: error analysis, arithmetic,newman.

Full Text:

PDF

References


Amalia, D., Hadi, W., & Muhammadiyah, U. 2020. Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis Pendahuluan Isu Yang Banyak Dibincangkan Akhir -Akhir Ini Adalah Kemampuan Ber Pikir Tingkat. 4(1):219–236.

Amelia, S., & Yadrika, G. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Integral. Jurnal Ilmiah Dikdaya. 9(1): 124.

Dwi Pamungkas, M., & Wicaksono, A. B. 2019. Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Bidang Berdasarkan Teori Newman. Publikasi Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Indriani, A. 2021. Analisis Kesalahan Dengan Teori Newman Pada Soal Vektor. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan. 2(2): 71–79.

Jusniani, N., & Suryakancanai, U. 2022. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemahaman Matematis Padamata Kuliah Kapita Selekta Matematika Smp. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (Ji-Mr). 3(2): 71–80.

Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. 4(2): 208–216.

Lestari, A. S., Aripin, U., & Hendriana, H. 2018. Identifikasi Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Penalaran Matematik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Analisis Kesalahan Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(4): 493–504.

Liberna, H., & Seruni. 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Xi Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 80: 115–128.

Mauji, S. M., Mulyanti, Y., & Nurcahyono, N. A. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2): 77–82.

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9(3): 713.

Oktober, N., Division, A., Sma, S., Lubuklinggau, N., & Aritmatika, D. (2022). Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Siswa Kelas 11 Ips Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Dengan Pembelajaran Kooperatif Model Students Team Achievement Division (Stad)Sma Negeri 1 Lubuklinggau Tahun 2021/2022. 1(2): 470–480.

Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutam, F. S. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea). Jurnal Profesi Keguruan. 5(1): 15–22.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi. 1(2): 41–45.

Susanti, Y. 2020. Penggunaan Strategi Murder Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sains. 2(2):180–191.

Ulfa, D., & Kartini, K. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.5(1): 542–550.

Wantika, W., & Nasution, S. P. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Memahami Kecemasan Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika. 2(1): 49–57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.