PROSES BERPIKIR DALAM PEMECAHAN MASALAH ETNOMATEMATIKA MATERI BILANGAN RASIONAL DITINJAU DARI ASIMILASI DAN AKOMODASI

Zulva Fauzal Muna, Junarti Junarti, Ahmad Kholiqul Amin

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses berpikir dalam pemecahan masalah etnomatematika ditinjau dari asimilasi dan akomodasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih dari 20 siswa kelas VII SMP Plus Izzatul Ummah, yang masing-masing 2 siswa terkategori berpikir asimilasi, dan 2 siswa terkategori akomodasi. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes, angket dan wawancara. Untuk keabsahan data digunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang terkategori berpikir asimilasi ada kecenderungan menggunakan pengetahuan sebelumnya dalam menyelesaikan masalah etnomatematika. Sedangkan, subjek yang terkategori berpikir akomodasi ada kecendrungan dapat modifikasi pengetahuan sebelumnya dalam menyelesaikan masalah etnomatematika, namun kurang dapat menyesuaikan pengetahuan sebelumnya dengan masalah etnomatematika.

 

Kata Kunci: Proses berpikir, Etnomatematika. Asimilasi, Akomodasi.

 

Abstract

The aim of this research is to describe the thinking process in solving ethnomathematics problems in terms of assimilation and recommendations. This research method uses a qualitative approach. The research subjects were selected from 20 class VII students at SMP Plus Izzatul Ummah, 2 students each in the assimilation thinking category, and 2 students in the accommodation category. The research instrument consists of test questions, questionnaires and interviews. For data validity, method triangulation and source triangulation were used. Data analysis uses the Miles and Huberman model with stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research show that subjects who are categorized as assimilative thinking have a tendency to use previous knowledge in solving ethnomathematics problems. Meanwhile, subjects who are categorized as thinking about accommodation have a tendency to be able to modify previous knowledge in solving ethnomathematics problems, but are less able to adapt previous knowledge to ethnomathematics problems.

 

Keywords: Thought processes, Ethnomathematics. Assimilation, Accommodation.


Full Text:

PDF

References


Fitriyah, D. N., Santoso, H. & Suryadinata, N. 2018. Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen. 4(2): 145–158.

Harahap, L. Y. & Suparni. 2023. Etnomatika: Eksplorasi Konsepgeometri Padaarsitektur Masjid Syeikh Zainal Abidin Padangsidimpuan dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : SEROJA. 2(5).

Istiqomah, I., Junarti, J. & Ningrum, I. K. 2021. Proses Koneksi Matematis secara Prosedural Materi Perbandingan ditinjau dari Asimilasi dan Akomodasi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2): 130–141.

Junarti, J., Indriani, A. & Isriqomah, I. 2021. The Process of Assimilation-Accommodation in Solving the Problems of Proportion. International Conference on Science, Education and Technology. 7: 1016–1025.

Junarti, Zainudin, M. & Utami, A. D. (2022). The sequence of algebraic problem-solving paths: Evidence from structure sense of Indonesian student. Journal on Mathematics Education. 13(3): 437–464.

Kurniawati, D. & Ekayanti, A. 2020. Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa. 3(2): 107–114.

Ode, R., & Kasriana, K. 2023. Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Proses Berfikir Asimilasi dan Akomodasi Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII MTS . Innovative: Journal Of Social Science Research. 3: 4752–4764.

Putri, A., Huda, N. & Suratno, S. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Barisan dan Deret Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi Pada Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2): 1210–1221.

Atika, Y. & Lestari, R. A. 2023. Implementasi Teori Konstruktivistik Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Studi Di SDUA Taman Harapan Curup ). Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI). 1(1): 212–228.

Budiarto, M. T., Masruroh, A., Azizah, A., Munthahana, J., Awwaliya, R. & Yusrina, S. L. 2022. Etnomatematika teori, pendekatan, dan penelitiannya. Zifatama Jawara.

D’Ambrosio, U. 1985. Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the learning of mathematics. 5(1): 44-48, Ethnomathematics Link between Traditions and Modernity, Published by: Sense Publisher, P.O. Box 21858, 3001 AW Rotterdam, The Netherlands, 2006.

Fitriyah, D. N., Santoso, H. & Suryadinata, N. 2018. Bahan ajar transformasi geometri berbasis discovery learning melalui pendekatan etnomatematika. Jurnal elemen. 4(2): 145-158.

Lutfi, A., Ayu, A., & Sari, I. 2022. Analisis Alur Belajar Matematika Siswa Inklusi Jenis Kebutuhan Autisme. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan. 10(2): 187–194.

Nurhayati, A. I., & Susilo, B. E. 2022. Systematic Literature Review: Implementasi Pembelajaran Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Karakter Cinta Budaya Lokal. Didactical Mathematics. 4(2): 368–379.

Ramadhani, R., Syahputra, E. & Simamora, E. 2023. Model ethno–flipped classroom: solusi pembelajaran fleksibel dan bermakna. Indonesia Emas Group.

Sapuadi, S. & Nasir, M. 2020. Penanggulangan Miskonsepsi Menggunakan Pendekatan Konflik Kognitif. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam. 3(1): 81-92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.