KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA ALJABAR
Abstract
Abstrak
Studi ini bertujuan untuk membangun kemampuan pemecahan masalah matematis pada aljabar dari kajian Pustaka. Kajian ini menggunakan beberapa artikel yang diambil dari bagian litelatur penyusunan serta akan mengumpulkan sebuah data melalui hasil yang dipilih atau hasil yang diunduh.Tahap pengumpulan data dengan mengidentifikasi, menganalisis, mengkategorikan, mengklasifikasi, dan mendeskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada peserta didik masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan belum terpenuhinya beberapa langkah-langkah penyelesaian masalah. Selain memahami materi yang diajarkan, siswa juga perlu mampu berpikir kritis dalam menanggapi pertanyaan dan situasi matematis, yang tidak selalu mudah bagi semua siswa Oleh karena itu, guru perlu menciptakan strategi pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk berpikir secara kritis dan aktif dalam menyelesaikan masalah matematika.
Kata kunci : Pemecahan masalah matematis, aljabar
Abstract
This study aims to build mathematical problem-solving skills in algebra from a literature review. This study uses several articles taken from the compilation literature section and will collect data through selected results or downloaded results. The data collection stage is by identifying, analyzing, categorizing, classifying, and describing. The results of the study indicate that students' mathematical problem-solving skills in students are still relatively low. This is because several steps for solving problems have not been fulfilled. In addition to understanding the material taught, students also need to be able to think critically in responding to mathematical questions and situations, which are not always easy for all students. Therefore, teachers need to create learning strategies that can stimulate students to think critically and actively in solving mathematical problems.
Keywords: Mathematical problem solving, algebra
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, I., & Lestari, W. 2022. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aljabar kelas VIII. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8.
Darmasrura, Suharni, & Afriyanti, R. 2021. Jurnal horizon pendidikan. Jurnal Horizon Pendidikan. 1(4): 601–613.
Hartuti, S. A., & Firmansyah, D. 2023. PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR. 16: 60–74.
Junarti & Zainudin, M. 2022. Strategi Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama. 9(2): 107–124.
Maidiyah, E., Sari, L. & Anwar, A. 2019. Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Materi Bentuk Aljabar Melalui Model Problem-Based Learning. Jurnal Peluang. 7(2): 77-84.
Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. 2019. Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika. 13(1): 1-8.
Musabik, A. I. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Kotak Aljabar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Operasi Hitung Aljabar Siswa. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. 9(2): 1–12.
Nanda M. F., & Sutirna, S. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1): 32.
Ruswana, A. M. 2019. Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah aljabar linier elementer. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2): 293-299.
Sari, L., Maidiyah, E., & Anwar. 2019. Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Materi Bentuk Aljabar Melalui Model Problem-Based Learning. Jurnal Peluang. 7(2): 77–84.
Silvia, S., Ratnaningsih, N., & Martiani, A. 2019, November. Miskonsepsi kemampuan pemecahan masalah matematik berdasarkan langkah polya pada materi aljabar. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Soniawati, S. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Cibinong Materi Bentuk Aljabar dengan Problem Based Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 5(5): 1341-1350.
Sumartini, T., Rosyana, T., & Afrilianto, M. 2023. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 6(1): 311-320.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.