Pembelajaran Matematika dimasa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Pendekatan Matematika Realistik
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pembelajaran matematika direpresentasikan pada masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Aplikasi dan media apa saja yang digunakan dalam pembelajaran matematika online di masa pandemi? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Ada perbedaan pada kelas yang disebutkan di sini sebagai kelas virtual. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sejumlah aplikasi yang digunakan untuk mendukung pembelajaran matematika di masa pandemi dengan pendekatan matematika praktik langsung, antara lain grup sosial WhatsApp, Google Class Room, Google Form, Zoom Meet, dan Google Meet. Selain itu, bahan pembelajaran yang digunakan adalah barang-barang pribadi yang digunakan siswa di rumah dan dalam kehidupan sehari-hari untuk pembelajaran sirkular. Oleh karena itu digunakan sebagai alat peraga yang digunakan siswa sehari-hari untuk membuat perlengkapan sekolah berbentuk lingkaran seperti sepeda. ban, hula hup, gelas bir, dll. Hambatan pembelajaran daring juga terdapat, yaitu terbatasnya infrastruktur pendukung kegiatan pembelajaran dan kuota internet yang menyita sebagian besar kuota internet siswa dan guru.
Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Matematika Realistis, Pembelajaran di Era Pandemi, Covid-19
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, C., Hsiu, J., Wong, D., Kuo, L., A, M. S. N., Huri, D., Min, N., Pallath, V., Phoay, C., Tan, L., & Hong, C. (2020). Physica Medica Teaching and learning of postgraduate medical physics using Internet-based e-learning during the COVID-19 pandemic – A case study from Malaysia. Physica Medica, 80(October), 10–16. https://doi.org/10.1016/j.ejmp.2020.10.002
Alqudah, N. M., Jammal, H. M., Saleh, O., Khader, Y., Obeidat, N., & Alqudah, J. (2020). Perception and experience of academic Jordanian ophthalmologists with E-Learning for undergraduate course during the COVID-19 pandemic. Annals of Medicine and Surgery, 59(June), 44–47. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2020.09.014
Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Baru Pendidikan Matemayika dalam Pembelajaan Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(June), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa smp. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.
Halimah, N. (2016). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan kolase dengan berbagai media improving. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 807–814.
Misdalina, Zulkardi, & Purwoko. (2009). Pengembangan materi integral untuk sekolah menengah atas (SMA) menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) di palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61–74.
Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94-103. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.