Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter bagi Siswa Sejak Dini

Anggun Nurdiana, Arum Nurdiana, Rhavina Arlica Lutfiani, Shofia Salsa Mangis Karsakila, Nia Okta Ramadhani

Abstract


Pendidikan merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang positif dan dapat menghasilkan keterampilan yang mampu mewujudkan peradaban bangsa yang bermartabat Pendidikan juga menjadi salah satu usaha dasar terencana untuk mewujudkan peserta didik yang dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak, ilmu hidup, pengetahuan umum serta keterampilan yang diperlukan dirinya untuk masyarakat. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research) yang merupakan penelitian dengan cara menganalisis sumber data. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari artikel hasil penelitian yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang pendidikan karakter. Pendidikan karakter adalah suatu konsep yang di terapkan dalam pemikiran seseorang untuk menjadi lebih baik. Tujuan dari pembentukan karakter anak sejak usia dini adalah untuk membentuk kepribadian anak yang baik sehingga kelak ketika sudah dewasa mereka bisa menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia dan dapat memberikan manfaat kepada sesama manusia dan lingkungannya. upaya yang dapat kita lakukan dalam menerapkan pendidikan karakter pada anak usia dini adalah Keteladanan, Konsistensi, Kebiasaan, Komunikasi, dan disiplin.

Kata kunci: Penerapan Pendidikan karakter, siswa anak usia dini


Full Text:

PDF

References


Amik. (2021). Mulailah Pendidikan Karakter dari Lingkungan Keluarga., Jogja keren, 20 Januari, 2021. diakses pada tanggal 12 September 2023 dari https://jogjakeren.com/mulailah-pendidikan-karakter-dari-lingkungan-keluarga/.

Aziizu, BYA (2015). Tujuan besar pendidikan adalah tindakan. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat , 2 (2). http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/13540.

Harahap, AZ. (2021). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Usia Dini, 7 (2), 49-57.https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/30585.

Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71.https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar pancasila di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76-84.DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1

Kh, Elfan. Fanhas. F., & Mukhlis, G. N. (2017). Pendidikan karakter untuk anak usia dini menurut QS Lukman: 1319. Pedagogi: Jurnal anak usia dini dan pendidikan anak usia dini, 3(3a).https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/1032.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82-89. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan karakter mandiri anak melalui kegiatan naik transportasi umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113-118.https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/2515.

Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan karakter anak usia dini: Keluarga, sekolah, dan komunitas?(Studi kualitatif tentang pembentukan karakter anak usia dini melalui keluarga, sekolah, dan komunitas). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13-19.https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2.

Pratiwi, N. K. S. P. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83-90. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/908/0.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Putri, S. M., & Kurniawan, M. R. (2019, August). Komik pendidikan karakter sebagai upaya penanaman pendidikan karakter di SD. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PAGELARAN PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 132-141). http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/viewFile/1362/645.

Rosyad, R. A. (2017). Kualifikasi Pemimpin Lembaga Pendidikan Formal, Non Formal Dan Informal Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 6(1), 107-123.https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/raushanfikr/article/view/2737

Rustini, T. (2012). Pendidikan karakter anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10321


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.