Kemampuan Bernalar Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA Konteks Wisata Monumen Perjuangan Rakyat Ampera

Riky Fernando, Zulkardi Zulkardi, Ratu Ilma Indra Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan bernalar kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe PISA konteks wisata Monumen Perjuangan Rakyat Palembang di SMPN 26 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan secara tatap muka, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 26 Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi siswa, tes tertulis kemampuan bernalar kritis dan wawancara siswa. Dalam penelitian ini digunakan soal matematika dengan menggunakan framework PISA dengan konteks wisata Monumen Perjuangan Rakyat Palembang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang sudah dilakukan, siswa sudah mampu mengidentifikasi informasi penting dari soal dengan baik walapun masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan rumus atau strategi penyelesaian. Ada bebarapa indikator, siswa dapat tercapai dengan baik, dan ada pula indikator yang belum bisa dicapai dengan baik. Akan tetapi secara keseluruhan indikator ini bisa dikatakan cukup baik atau sedang, karna rata-rata siswa yang mampu menyelesaikan soal yang sudah mereka dapatkan dan mengambil keputusan dengan benar.

 

Kata kunci: Kemampuan Bernalar Kritis, PISA, Deskriptif Kualitatif, Wisata Monumen Perjuangan Rakyat Palembang


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, H., Zulkardi, & Ely Susanti. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Soal Konteks Wisata Kebun Teh Gunung Dempo Hijir. 5(1), 64–75.

Ardiniawan, D. Y., Subiyantoro, S., & Kurniawan, S. B. (2022). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) Siswa SD Se-Kecamatan Pacitan. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4(April), 607–613.

Arina, J., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK di Ponpes Nurul Huda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 315–324. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1877

Gusmawan, D., & Herman, T. (2023). Persepsi Guru Matematika Terhadap Kemampuannya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. 07(01), 83–92.

Habibi, H., & Prahmana, R. C. I. (2022). Kemampuan Literasi Matematika, Soal Model PISA, dan Konteks Motif Batik Tulis Jahe Selawe. Jurnal VARIDIKA, 33(2), 116–128. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i2.16722

Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Inquiry Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627

Kemendikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran, Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–125.

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405

Marta Risa Putri Utami. (2022). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE PISA KONTEKS WISATA JAKABARING DI SMPN 26 PALEMBANG.

OCED. (2019). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing, 1(1), 1–198. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.tate.2018.03.012%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/download/15269/9316%0Ahttps://www.oecd.org/education/pisa-2018-assessment-and-analytical-framework-b25efab8-e

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. https://www.oecd.org/education/pisa-2018-assessment-and-analytical-framework-b25efab8-en.htm

Pratiwi, I., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2019). Long jump in asian games: Context of pisa-like mathematics problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 81–92. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5250.81-92

Putra, Y. Y., & Vebrian, R. (2019). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konteks Kain Cual Bangka Belitung. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 333–340. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.114

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rawani, D. (2021). Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA Konten Space and Shape. Prisma, 10(2), 193. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1570

Saputri, N. W., Turidho, A., Zulkardi, Z., Darmawijoyo, D., & Somakim, S. (2020). Desain Soal Pisa Konten Uncertainty and Data Konteks Penyebaran Covid-19. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 106–118. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i2.8564

Sirajuddin Saleh. (2017). ANALISIS DATA KUALITATIF. In Analisis Data Kualitatif. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf

Suhartatik, P. (2023). Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan dan Scaffoldingnya. 07(1), 432–441.

Usman, M. R., & Satriani, S. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 236–242. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2769

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wahyuni, S., Gusti Made Sanjaya, I., Erman, & Jatmiko, B. (2019). Edmodo-based blended learning model as an alternative of science learning to motivate and improve junior high school students’ scientific critical thinking skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(7), 98–110. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i07.9980


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.