Evaluasi Pembelajaran dengan Menggunakan Media Quises guna Meningkatkan Kreativitas dan Memperluas Jaringan Siswa

Einur Melinda Puspta Sari, Ervan Catur Prastiyo, Haviz Rizxy, Intan Suci Mustikawati

Abstract


Dalam perkembangan teknologi era Super Smart Society 5.0 membawa inovasi teknologi yang memugkinkan penyediaan pendidikan yang lebih luas dan fleksibel.  Misalnya platform pembelajaran online, kursus daring dan konten pendidikan digital memungkinkan akses pendidikan yang lebih mudah dan terjangkau bagi individu di seluruh dunia. Untuk menghadapi Era Society 5.0 ini satuan pendidikan pun dibutuhkan adanya perubahan paradigma pendidikan. Diantaranya pendidik meminimalkan peran sebagai learning material provider, pendidik menjadi penginspirasi bagi tumbuhnya kreativitas peserta didik. Pendididk berperan sebagai fasilitator, tutor, penginspirasi dan pembelajar sejati yang memotivasi peserta didik untuk “Merdeka Belajar”. Dalam anilisis mengenai era super smart 5.0 pemanfaatan aplikasi quises dalam pembelajaran tematik dengan pembelajaran jarak jauh untuk kelas 5. Evaluasi pembelajaran ini dipergunakan oleh pendidik agar peserta didik mampu melatih kognitif dan konsesntrasi dalam menjawab soal serta bahan evaluasi pembelajaran. Selain peserta didik, pendidik juga dapat meningkatkan kretivitas dan memanfaatkan teknolgi di era digital ini dengan sangat baik dan maksimal.

 

Kata kunci: Evaluasi, Quises, Kreativitas, Jaringan


Full Text:

PDF

References


Alhaddar. (2021). Jurnal Ilmu Pendidikan . Retrieved from Analisis Media Pembelajaran: https://edukatif.org

Hidayah, Nurul. (2021). Pemanfaatan Media Quizizz Sebagai Media Pembelajaran. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/index, 12.

N., H. (2023, Maret 31). Implementasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran. journal.universitaspahlawan.ac.id, 7.

Tazkiyah, D. (2021). jurnal-apsmi.org. Retrieved from Penerapan Aplikasi Quizizz: https://jurnal-apsmi.org

Viani, I. (2021, Januari 4). Hubungan Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Dengan Minat Belajar. Retrieved from institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah: https://repository.uinjkt.ac.id

Salsabila. (2020, Desember 2). online-journal.unja.ac.id. Retrieved from Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media pembelajaran: https://online-journal.unja.ac.id/JIITUJ/article/download/11605/10463


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.