Analisis Kemampuan Representasi Peserta Didik Menggunakan Assesment Diagnostic

Jesika Dwi Putriani, Novika Sukmaningthias

Abstract


Kemampuan representasi perlu mendapatkan penekanan serta dimunculkan dalam proses pembelajaran matematika. Sehingga, perlu adanya diagnosis awal untuk mengetahui sejauh mana kemampuan representasi peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi peserta didik menggunakan assesment diagnostic. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIII SMPN 46 Palembang. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen tes diagnostik untuk mengukur kemampuan representasi yang terdiri dari 10 soal uraian. Indikator dalam penelitian ini diantaranya verbal yang berupa kata-kata atau teks tertulis, simbolik yang berupa ekspresi matematis, serta visual yang berupa gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan persentasi banyak peserta didik pada kategori tinggi sebanyak 9,38%, sedang 50%, dan rendah 40,62%. Sedangkan skor rata-rata kemunculan representasi matematis tertinggi terdapat pada representasi simbolik 50,65, representasi visual 50,39, dan representasi verbal sebesar 18,75. Sehingga, berdasarkan nilai keseluruhan yang diperoleh, penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik memiliki kemampuan representasi matematis yang rendah, dengan rata-rata sebesar 40.

 

Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Assesment Diagnostic, Peserta Didik


Full Text:

PDF

References


Damayanti, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1). https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3078

Handayani, H., & Juanda, R. Y. (2019). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sumedang Selatan. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.21831/didaktika.v2i2.28102

Hartono, W., Hadi, S., Rosnawati, R., & Retnawati, H. (2022). Uji Kecocokan Model Parameter Logistik Soal Diagnosa Kemampuan Matematika Dasar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5899

Hidayah, P., & Muchtar, Z. (2022). Pengembangan Tes Diagnostik Berbasis Web Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(6).

Hikmasari, P., Kartono, K., & Mariani, S. (2018). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik dan Pengajaran Remedial pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Problem Based Learning. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1.

Indriyati. (2018). Analisis kemampuan representasi matemtis siswa tipe intuition dalam pemecahan masalah pada materi kesebangunan di smp kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika.

Khasanah, I., Supandi, S., & Kartinah, K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Melalui Pendekatan Saintifik dan Open-Ended Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i2.7400

Komala, E., & Afrida, A. M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal of Instructional Mathematics, 1(2). https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.364

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Mendikbud. (2015). Permendikbud No.58 Thn 2014. Permendikbud No.58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013, 7(9).

NCTM. (2014). Principles to actions: ensuring mathematical success for all. In NCTM.

NCTM. (2020). Principles and Standard for School Mathematics. Reston. The National Council of Teacher of Mathematics.Inc. In The Arithmetic Teacher (Vol. 29, Issue 5).

Nugroho, A. A., Hidayati, D. W., & Kurniati, L. (2020). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Statistika yang Mengikuti Les Lembaga Bimbel dengan Siswa yang Tidak Mengikuti Les Lembaga Bimbel. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.21580/square.2020.2.2.6247

Permata, J. I., Sukestiyarno, Y. L., & Hindarto, N. (2017). Analisis Representasi Matematis Ditinjau dari Kreativitas dalam Pembelajaran Cps dengan Asesmen Diagnostik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2).

Setyawati, R. D. (2020). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Efficacy. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2). https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.2.6627

Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2).

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan JURINOTEP, 1(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.