Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Cepu Pada Materi Aljabar

Eza Putri Nandhiyah, Dwi Erna Novianti, Ali Mujahidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Cepu pada materi aljabar. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Cepu dalam menyelesaikan persoalan aljabar yang berkaitan dengan konsep dan prinsip adalah (a) di dalam penguasaan konsep, siswa masih mengalami kesulitan dalam menggunakan gambar dan simbol untuk mempresentasikan konsep; (b) kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa dalam penguasaan konsep adalah ketika siswa harus menyajikan himpunan dengan diagram venn; (c) di dalam penguasaan prinsip, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengapresiasikan peran prinsip-prinsip dalam matematika.

 

Kata kunci: Konsep, Prinsip, Aljabar


Full Text:

PDF

References


Hasibunan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, Vol. 4, No. 1, hal 5-11

Hidayati, F. (2010). Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta Dalam Mempelajari Aljabar. Universitas Negeri Yogyakarta Program Studi Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Tidak diterbitkan.

Nugraha, N., Kadarisma, G., Setiawan, W. (2019).Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP Kelas VII. Journal On Education.

Purwanti, N.D., Pujiastuti, H.(2020) Analisis Kesulitan Belajar Aljabar Ditinjau dari Motivasi belajar siswa. Jurnal Analisa.

Rina Suryaningrum. (2004). Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas 3 SLTP dalam Menyelesaikan Soal – Soal Pokok Bahasan Persamaan Kuadratdan Upaya Menyelesaikannya.Yogyakarta: Universitas NegeriYogyakarta.

Setyawati, A., Ratu, N. (2021) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.