Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Mengajar

Ana Rawati Ika Rianti, Avita Widya Pratama, Rika Rika, Risma Dea Anggraeni

Abstract


Media Pop-Up Book merupakan alat peraga tiga dimensi yang dapat menstimulasi imajinasi anak serta menambah pengetahuan sehingga dapat mempermudah anak dalam mengetahui penggambaran bentuk suatu benda, memperkaya perbendaharaan kata serta meningkatkan pemahaman anak. Aspek kognitif menjadi salah satu dari aspek lainnya yang dapat membantu tumbuh kembang si kecil. Kemampuan kognitif berhubungan dengan indera perasa, penglihatan, pemikiran, pengetahuan, bahasa, dan lain sebagainya. Tidak heran jika kemampuan ini harus dilatih sedini mungkin melalui aktivitas untuk mengembangkan aspek kognitif. Dalam melatih atau membangun aspek kognitif pada anak usia dini, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh orang tua. Mengembangkan aspek kognitif juga bisa membantu anak untuk lebih mudah memahami persoalan dan beradaptasi dengan lingkungannya. Seorang guru dalam memilih media pembelajaran ini akan menjadi penentu kreativitas para muridnya, maka dari itu seorang guru mampu mengajarkan pembelajaran dengan sekreatif mungkin karena ini akan menumbuhkan kreatif para murid. Media pembelajaran Pop-Up Book ini adalah sebuah buku yang mengandung unsur tiga dimensi. Pada saat halaman dibuka bagian dalamnya akan menghasilkan gerakan dan memberikan visualisasi yang lebih menarik untuk meningkatkan pemahaman anak dalam terkait materi yang akan diajarkan. Media pembelajaran Pop-Up Book ini biasanya dijadikan dalam merangsang visual untuk merangsang imajinasi setiap siswa sehingga dapat mengutarakan ceritanya dengan cara lisan.

 

Kata kunci: Pop-Up Book, Kognitif, Kreativitas.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Dzuanda. (2011). Design Popup Child Book Puppet Figures Series? Gatotkaca?. JuenalLibrary ITS Undergraduate, (Online, (https;library,its.undergraduate,ac.id, diakses pada 15 September 2023).

Masna, A. A. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Pop_Up Mata PelajaranIPA Untuk Anak Tunarungu Kelas Kelas IV SDLB B di Yogyakarta. Skripsi. FIPUNY

Muktiono, J. (2003). Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Jakarta: PT. ElexMedia Komputindo.

Rezkia, S. M. (2021). Analisis Data Sekunder adalah Salah Satu Jenis Analisis yang Penting. DolabAl-PowerLearning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.