Penggunaan Media Sosial pada Siswa Sekolah Dasar sebagai Alat Pembelajaran di Lingkungan Pendidikan

Aulia Nadia Zahro, Diah Nur Azizah, Malikhatun Nisa’, Neha Khan

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan media sosial sebagai alat pembelajaran oleh siswa sekolah dasar dalam konteks lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan menggunakan Systematic Literature Review (SLR) metode ini untuk meninjau pustaka yang sistematis, kritis, dan komprehensif pada suatu topik penelitian. Hasil tinjauan ini mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial pada tingkat dasar dapat memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran, meningkatkan keterlibatan siswa, serta memfasilitasi kolaborasi antar-siswa. Penemuan ini mengindikasikan bahwa integrasi media sosial dalam pendidikan dasar memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di lingkungan pendidikan.

 

Kata kunci: Media Sosial, Alat Pembelajaran, Pendidikan

 


Full Text:

PDF

References


Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1).

Amelia, N. P., & Ma’arif, S. (2022). Pengaruh Pengguna Media Sosial Tiktok Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika Siswa Kelas IV Di SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1201-1207.

Djamarah dan Aswan Zain. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizah, T. I., & Fatayan, A. (2022). Pengaruh Media Youtube pada Pelajaran Pendidikan Lingkungan & Budaya Jakarta (PLBJ) Materi Alat Musik Gambang Kromong kepada Minat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5475-5482.

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 10-15.

Kamal, M. (2020). Media Sosial Sebagai Budaya Baru Pembelajaran di SD Muhammadiyah 9 Malang. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 17-27.

Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4876-4886.

Mariana, E., Wardany, K., & Novita, N. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Siswa SD di Tempuran Trimurjo. Madaniya, 2(2), 168-176.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.

Rithika, M., & Selvaraj, S. (2013). Impact of social media on students’ academic performance. International Journal of Logistics & Supply Chain Management Perspectives, 2(4), 636-640.

Zuhri, S., & Sastradiharja, J. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Lingkungan Sosial Sekolah Terhadap Perilaku Religius Siswa. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(1), 74-91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.