Pengembangan Video Interaktif Untuk Pembelajaran Flipped Classroom
Abstract
Tujuan dari riset ini adalah mengembangkan alat pembelajaran yang valid, mudah diterapkan, dan sesuai dengan tuntutan pembelajaran di era abad 21. Alat pembelajaran yang dibuat adalah video pembelajaran. Kelompok yang menjadi subjek riset ini adalah peserta duduj kelas VII B dan VII E SMPN 1 Kenduruan. Metode riset yang digunakan adalah metode 4-D, yang disingkat menjadi 3-D. Analisis angket respon peserta didik menunjukkan bahwa sesuai dua aspek respon terhadap video pembelajaran dengan presentase 82,375% dimana peserta didik merespon sangat baik dan tiga aspek terhadap pembelajaran Flipped Classroom dengan presentase 80,16% artinya peserta didik merespon baik. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran dapat digunakan sebagai alat pembelajaran dan sangat cocok diterapkan di era pembelajaran abad 21.
Kata kunci : Flipped Classroom, respon, video
Full Text:
PDFReferences
Adelia Maya Puspa Dewi, Tantri Mayasari, ndista C. Y. (2020). Analisis Respon Siswa Terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1986, 1–6.
Aisyah. (2016). Respon Siswa Terhadap Mediae-Comic Bilingual Sub Materi Bagian-bagian Darah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5 (3), 1–12.
Amin, A. K., Studi, P., Matematika, P., Ikip, F., & Bojonegoro, P. (n.d.). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. 46, 51–64.
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Bergmann, J., & Sams A. (2011). Flipped Your Classroom. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8). https://www.rcboe.org/cms/lib/GA01903614/Centricity/Domain/15451/Flip_Your_Classroom.pdf
Erna. (n.d.). Angket Respon dan Lembar Observasi. Scribd.Com. Retrieved June 6, 2023, from https://id.scribd.com/document/509992314/ANGKET-RESPON-DAN-LEMBAR-OBSERVASI-Copy#
Harususilo, Y. E. (2019). Skor PISA 2018 : Daftar Peringkat Kemampuan Matematika, Berapa Rapor Indonesia ? Edukasi.Kompas.Com.
Humaidi, H., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Respon Siswa terhadap Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 153. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9108
Ihsan, D. (2020). Ruang Guru : Butuh 128 Tahun Kejar Ketertinggalan Pendidikan Indonesia. Kompas.Com.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
Lijina, Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran pada Materi Ekologi di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–9.
Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada peningkatan Kemampuan Berfikir Krit. Edutcehnologia, 3(2), 160–170.
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (n.d.). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Urnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Volume: 3.
Perselia, F. (2020). Respon peserta didik terhadap model problem based learning pada materi hukum newton. Artikel Penelitian, 1–9.
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, M. R. Z. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 2 No. 1.
Rosa, N. (2022). Yang Ditunggu, Ini Hasil Lengkap Asesmen Nasional 2021. DetikEdu.
Siti Ermawati, T. H. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Blended Learning berbasis Moodle pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik.
Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 21(2000), 223–231.
Widoyoko, eko putro. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penellitian (4th ed.). PUSTAKA PELAJAR Celeban Timur UH III/548 Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.