Efektifitas Penggunaan Wodershare Filmora dalam Editing Video Pada Pembelajaran Pengantar Teknologi Informasi

Day Ramadhani Amir, Fatmila Sofiyatus Zahroh, Siska Puspitanigsih, M. Iqbal Fawaid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektifitas pembelajaran pengantar teknologi informasi dalam editing video mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran dengan bantuan Wondershare Filmora dengan pembelajaran pengantar teknologi informasi dalam editing video mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran dengan bantuan Adobe Premier Pro. Jenis Penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian mengambil data dari Mahasiswa Angkatan 2023 Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi IKIP PGRI Bojonegoro. Analisis data melalui pengumpulan data melalui wawancara dan pengamatan kedalam praktek penggunaan kedua aplikasi Wondershare Filmora dengan Adobe Premier Pro. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan efektifitas pembelajaran pengantar teknologi informasi menggunakan bantuan Wondershare Filmora dalam editing video lebih baik daripada pembelajaran pengantar teknologi informasi menggunakan bantuan Adobe Premier Pro dalam editing video pada pembelajaran Pengantar Teknologi Informasi.

 

Kata kunci: Pengantar Teknologi Informasi, Wondershare Filmora, Adobe Premier Pro, Editing Video, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Aditya, R. & Zuliarni. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Kuliah Fotografi. JPOL (Journal of Pendagogy and Online Learning). 1 (3), 41-52.

Djamaluddin, A. & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pendagogis. Parepare: Kaaffah Learning Center.

Harmastuti, Setyowati, D. & Marsadualan A. (2022). Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Grafika Komputer. Jurnal Teknologi. 15 (2), 144-151.

Padmasari, M. P. & Wilujeng, S. & Isrianto, P. L. (2022). Video Pembelajaran Filmora Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal of Natural Science and Learning. 1 (1), 1-7.

Ramadansur, R. & Khudri, A. S. & Dinata, M. (2023). Penggunaan Aplikasi Wondershare Filmora Dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMA 16 Pekanbaru. ABDIMAS Lectura FADIKSI-Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru. 1 (1), 25-32.

Ramadhayanti, F. & Mustamiroh. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Software Wondershare Filmora pada Mata Pelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan MIPA. 11 (2), 186-192.

Sari, V. & Pritandhari, M. & Ratnawuri, T. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantu Adobe Premier Pro Sebagai Media Pembelajaran IPS Terpadu Materi Kebutuhan Manusia. Edunomia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. 2 (2), 131-141.

Sugiyono. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantu Wondershare Filmora Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Kompetensi Guru dan Menulis Deskripsi Siswa Kelas 3. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Yusuf, A. Z. A. & Faelasofi, R. & Rahayu, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Wondershare Filmora dalam Pembelajaran Matematika. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 5 (2), 615-624.

Zaini, M. S. & Nugraha, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premier Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 9 (2), 349-361.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.