Aplikasi Media Pembelajaran Operasi Aritmatika Berbasis Android Menggunakan Thunkable

Sandy Eko Prastyo, Zihad Zulfikatul Alfat, Shevira Shevira, Illa Vania Rahma

Abstract


Dengan adanya perkembangan perangkat teknologi smartphone berbasis android yang sangat pesat. Banyak sekali aplikasi-aplikasi media pembelajaran yang dikembangkan. Dalam artikel ini dilakukan rancang aplikasi Operasi aritmatika berbasis android yang merupakan sebuah pembelajaran dasar matematika yang ditujukan pada siswa jenjang sekolah dasar. Yang berisikan perhitungan dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dengan adanya aplikasi operasi aritmatika berbasis android bertujuan agar siswa dapat belajar dengan lebih mudah, efektif dan efisien. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa Indonesia. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa aplikasi ini berkedudukan ditingkat memadai dan bermanfaat dalam mendukung siswa sekolah dasar dalam belajar operasi aritmatika. Dengan memanfaatkan sebuah alat bantu yaitu thunkable, dengan thunkable proses pembuatan aplikasi menjadi lebih mudah, cepat dan efisien.

 

Kata kunci: Android, Operasi Aritmatika, Thunkable


Full Text:

PDF

References


Athariq, R. Y., Reva, R. S. 2022. Game edukasi introduksi bilangan dan operasi aritmatika dengan penerapan algoritma fisher-yates shuffle.

Goldie, G. 2020. Rancang bangun aplikasi media pembelajaran mengenal nama hewan berbasis android menggunakan thunkable.

Nasaruddin, B. F., Turmuzi, M., Khairunnisaq. 2017. Penggunaan Game Edukatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mtematika Siswa Kelas III SDN 7 Rarang Tahun Pelajaran 2017/2017, j.skripsi Univ. Mataram, PP. 3-11.

Raharjo, S. 2019. Thunkable Secret : panduan lengkap membuat aplikasi android dalam hitungan menit.

Susanto, H., Antony, Honggo 2013. Perancangan Ujian Online pada STMIK GI MDP Berbasis Web, STMIK GI MDP.

Yudi A., Rezki K. 2016. game aritmatika berbasis android.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.