Penggunaaan Media Pemebelajaran Website Untuk Pembelajaran Aljabar Pada Persamaan Linear Satu Variabel

Ahmad Basuki Widodo, Nellya Mirza, Siti Nur Azizah, Zidni Alfian Barik

Abstract


Model pemebelajaran saat ini yang sering digunakan adalah konvesional. Didalam model pembelajaran ini siswa lebih sering mendengarakan, sehingga siswa biasanya mudah merasa bosan, mengantuk dan minat belajar siswa berkurang.  Hal ini dapat menyebabkan materi yang disampaikan kepada siswa kurang maksimal. Tujuan penggunaan media pembelajaran berbasis website untuk: (1) Salah satu media pembelajaran website untuk menumbuhkan kreativitas siswa pada pembelajaran aljabar persamaan linear satu variable, (2) Belajar  mengasah otak dengan mencari sumber di website yang ada, dan (3) Dapat membangkitkan motivasi belajar mereka karena mereka bisa belajar dimana pun tanpa harus membawa buku, sehingga belajar menjadi mudah. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) yang digunakan sebagai metode dalam menganalisis berbagai artikel dan literatur yang diperoleh dari pencarian sumber data. Hasil analisis dari berbagai sumber tersebut dijabarkan kedalam ulasan penggunaan media pembelajaraan berbasis website pada pembelajaran alajabar linear satu variabel tersebut digunakan untuk menumbuhkan semangat kreativitas siswa pada pembelajaran tersebut. Sehingga siswa memiliki freedom to learn/kebebasan belajar dari berbagai sumber di website, pembelajaran lebih efektif dan fleksibel, dan dapat dijangkau dimana saja.

 

Kata kunci: Aljabar linera satu variable, Media pembelajaran berbasis website, Freedom to learn


Full Text:

PDF

References


Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta : Gramedia.

Effendi, S. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching. (6thed.). New York: Macmillan.

Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education, 26 (1), 14-17.

Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.