Pengembangan Inovasi Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer

Yuniana Cahyaningrum, Muhammad Rinov Cuhanazriansyah, Mohamad Labib

Abstract


Teknologi yang dipergunakan dalam pembelajaran di era society 5.0 ini semakin meningkat dan berkembang. Era Society 5.0 menuntut pendidikan tinggi untuk terus berinovasi dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang tadinya berjalan secara konvensional kini mulai beralih secara digital. Beberapa perguruan tinggi yang menerapkan pembelajaran secara konvensional masih memiliki keterbatasan dalam menerima materi yang diberikan. Pengembangan inovasi dalam pembelajaran ini diperlukan untuk memaksimalkan pemberian materi pembelajaran dengan e-learning berbasis moodle. Mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer menjadi salah satu mata kuliah yang memerlukan pendekatan kreatif dalam penggunaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi dalam media pembelajaran e-learning berbasis moodle yang relevan dengan tuntutan era society 5.0 untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang terhubung, berkolaborasi, dan berorientasi pada teknologi. Hasil dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan inovasi dalam media pembelajaran e-learning yang relevan dengan era society 5.0. Inovasi ini telah membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran dalam mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer, dan temuan ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi perguruan tinggi dan pendidik lainnya dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pendidikan. Dengan terus mengembangkan dan meningkatkan inovasi ini, pendidikan tinggi dapat memainkan peran penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia yang semakin terhubung dengan teknologi.

 

Kata kunci: Media pembelajaran, e-learning, Moodle, Mata kuliah arsitektur dan organisasi komputer, Era society5.0

 


Full Text:

PDF

References


Badrus, M. (2021). Model pembelajaran era society 5 . 0 (Issue December).

Cahyaningrum, Y., Cuhanazriansyah, M. R., Hendrawan, A., & Nafi, N. (2023). Implementasi game based learning ( GBL ) monopoli digital ( MonDig ) dalam pembelajaran mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro. 8(1), 70–74.

Cahyaningrum, Y., Suryono, S., & Warsito, B. (2021). Fuzzy-Expert System for Indicator and Quality Evaluation of Teaching and Learning Processes Online Study Programs. E3S Web of Conferences, 317, 05021. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202131705021

Hamdi Muhammad Khoir, R. Eka Murtinugraha, S. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. 9(1), 1–7.

Hanifatus Sa’diyah, Bambang Soedijono, B. M. R. A. (2019). Implementasi Framework Zachman sebagai Metodologi Terstruktur Perancangan Learning Management System. 6(1), 51–63.

Harahap, S., Simatupang, M., & Atika, L. (2023). Penguatan Learning Management System ( LMS ) untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Era Society 5 . 0 di Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 1–10.

Rizal, S., & Walidain, B. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. 19(2), 178–192.

Samsudin, M., Nyoman, N., & Januhari, U. (2019). Pengembangan Pembelajaran E-learning Dengan Moodle ( Modulator Object-Oriented Dynamic Learning Environment ). 1–8. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.210

Yuniana Cahyaningrum, Dian Ratna Puspananda, Boedy Irhadtanto, M. Zainudin, Fajar Adi Saputra, F. S. (2023). Pelatihan Pembuatan Website Wix Untuk UMKM. 1(02), 80–84.

Yuniana Cahyaningrum, F. R. A. (2023). Systematic Literature Review Dalam Bidang Kecerdasan Buatan Systematic Literature Review In The Field Of Artificial. 2(3), 3–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.