Pentingnya Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika di Era Digital

Wahyu Nur Cahyati, Heru Arian, Pipit Ayunda Lestari, Kurnia Dwi Setyowati, Puput Inayah

Abstract


Di era Digital, integrasi teknologi dalam pendidikan matematika menjadi faktor yang sangat penting. Artikel ini akan membahas mengapa penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika begitu penting. Memungkinkan pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif, dan siswa lebih banyak mengakses materi pembelajaran untuk mengatasi pentingnya teknologi dalam proses pembelajaran di dunia yang saling terhubung dan maju secara teknologi. Sebagai hasil artikel ini telah dijelaskan mengapa integrasi teknologi masuk integrasi pendidikan matematika karena  dalam matematika berperan sangat penting bagi lingkungan pembelajaran agar menarik dan interaktif, akses yang lebih nyaman terhadap sumber belajar. Dan guru akan membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih jelas. Hal ini dikarenakan teknologi dapat membantu guru dengan mengurangi pergantian siswa dan memberikan jawaban yang lebih tepat. Penggunaan teknologi dalam pengajaran matematika juga menyebabkan beberapa masalah, seperti masalah aksesibilitas dan disabilitas.

 

Kata kunci: Teknologi, Matematika, Era digital


Full Text:

PDF

References


Afif, N. (2019). Pengajaran dan pembelajaran di era digital. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117-129. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i2.104

Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 308-318). http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciedss/article/view/512

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57-65. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24759

https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977

Hutapea, R. H., & PAK, S. (2020). Peran guru dalam pengembangan peserta didik di era Digital. https://repository.iaknpky.ac.id/repo/handle/123456789/551

Manoy, J. T., & Wijayanti, P. (2014). Strategi pembelajaran matematika. http://repository.ut.ac.id/4725/1/PEMA4301-TM.pdf

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/9642/924d69e47d2aaaa01c9884a402c34a7bf13f.pdf

Ompusunggu, V. D. K. (2013). Peningkatan kemampuan pemahaman matematik dan sikap positif terhadap matematika siswa SMP Nasrani 2 Medan melalui pendekatan Problem Posing (Doctoral dissertation, Unimed). http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3933

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah pendidikan dasar, 4(1). http://dx.doi.org/10.30659/pendas.4.1.%25p

Riyana, C. (2008). Peranan teknologi dalam pembelajaran. Universitas Indonesia, Jakarta. https://www.researchgate.net/profile/Cepi- Riyana/publication/242646955_PERANAN_TEKNOLOGI_DALAM_PEMBELAJARAN/links/58d73b96aca2727e5ee9d9eb/PERANAN-TEKNOLOGI-DALAM-PEMBELAJARAN.pdf

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Siswono, T. Y. E. (2012). Belajar dan Mengajar Matematika Anak Usia Dini. In Seminar Pendidikan Anak Usia Dini (pp. 1-9). https://www.academia.edu/download/31599275/ Belajar_dan_Mengajar_Matematika_Anak_Usia_Dini.pdf

Suheri, A., Rosmawiah, R., Effrata, E., & Wisman, Y. (2020). Guru Profesional Di Era Digital. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(2), 278-291. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Umbaryati, U. (2016, February). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. In PRISMA, prosiding seminar nasional matematika (pp. 217-225). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.