Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar pada Kampus Mengajar Angkatan 5

Ari Indriani, Novi Mayasari, Junarti Junarti, Ika Prihatini

Abstract


Kampus mengajar merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah yang mana termasuk program Kampus Merdeka yang diperuntukkan bagi mahasiswa di semua program studi dan perguruan tinggi di Indonesia untuk ikut serta dalam mengembangkan diri dan memberikan perubahan bagi siswa baik ditingkat Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama. tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui literasi dan numerasi siswa SD kelas 5 setelah adanya KM 5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tempat penelitiannya yaitu SD Negeri 2 Mulyorejo dan SDN Sarangmeduro. Waktu penelitiannya yaitu Februari – Mei 2023. Subyek penelitiannya yaitu siswa kelas 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil post test AKM kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas 5 yang mendapatkan program KM 5 mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan program kerja yang diterapkan di sekolah sasaran dapat diterima baik oleh pihak sekolah terutama siswanya. Pembiasaan membaca yang dilakukan di sekolah mampu meningkatkan literasi siswa. Selain itu permainan engklek, ular tangga, serta catur juga mampu meningkatkan numerasi siswa.

 

Kata Kunci: Literasi, Numerasi, Kampus Mengajar

 


Full Text:

PDF

References


Ajeng, Nabila I L dan Ghullam H. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Literasi dan Numerasi Di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 461-470.

Almirawati, I.E. (2018). The Implementation of Mind Mapping Technique to Teach Descriptive Text Writing at SMAN 15 Surabaya. Retain, 6(1).

Ilham Pratama Putra. 2023. Skor PISA Indonesia, Nadiem: Jangan Ekspektasi Tinggi. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/aNrxlwak-skor-pisa-indonesia-nadiem-jangan-ekspektasi-tinggi

Indriani, Ari, Wanda R V P, Siti J, Meilisa K S, Muizzu N R, dan Mahar D O. (2023). Pelaksanaan Kampus mengajar Angkatan 4 SDN 2 Kedungwaru. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 10(2), 93 – 98.

Mutiara, Livia S. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924.

Widiansyah, Apriyanti dan Fifit F. (2022). Implementasi Kampus Mengajar Melalui Program Literasi Numerasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1-8.

Silaban, Bajongga, Ninda D R P, Nirmala D T, Nora H P, Novi A S, dan Novita Sari. (2023). Peningkatan Literasi Dan Numerasi Melalui Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan Ke-4 DI SMP Swasta Yapena’45 Medan. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(2), 133-142

Worowirastri, Dyah E, Yunu P A, Ima W P U, Innany M, dan Beti I S. (2019). Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(1), 93-103.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.