Aktualisasi Peran Mahasiswa melalui Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 4 Di SMP Almutamakkin Sukosewu Bojonegoro

Novi Mayasari, Ari Indriani, Junarti Junarti

Abstract


Program Kampus Mengajar merupakan salah satu Program Kampus Merdeka yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Hal ini bertujuan untuk menyeleksi dan menjaring mahasiswa yang mendaftar menjadi peserta program. Program gelombang terakhir adalah Gelombang 4 yang merupakan kelanjutan dari keberhasilan pelaksanaan Gelombang 1, 2, dan 3. Melalui program ini, mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya sekaligus membantu sekolah dalam memberikan layanan pendidikan kepada siswa. Program ini berlangsung selama kurang lebih tiga bulan dan meliputi beberapa tahapan, antara lain pendaftaran, seleksi, pembekalan, penugasan, dan penarikan mahasiswa. Pada tahap penugasan, siswa ditugaskan ke berbagai lokasi sekolah pilihan, termasuk SMP AL Mutammakkin Sukosewu Bojonegoro. Tugas yang diberikan kepada siswa dalam program tersebut antara lain membantu guru mengembangkan pembelajaran di kelas, mengelola manajemen administrasi sekolah, dan membantu transfer teknologi kepada guru. Melalui program ini, mahasiswa mendapatkan pengalaman baru yang mungkin tidak didapat melalui perkuliahan. Program Kampus Mengajar memberikan bekal kepada mahasiswa bagaimana menjadi individu yang memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi terhadap negara melalui pendidikan.

 

Kata kunci: Aktualisasi , Peran, Mahasiswa, Kampus mengajar.


Full Text:

PDF

References


Adellia, R., & Himawati, I. P. (2021, September). Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. 142-150).https://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/download/8063/3375

Ashari, Y. A., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2022). Peran Mahasiswa dalam Membantu Adaptasi Teknologi terhadap Guru pada Program Kampus Mengajar 1 di SD Pelita Bangsa Surabaya. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 42-53.https://www.autentik.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/autentik/article/download/164/79

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021, September). Peran mahasiswa program kampus mengajar dalam meningkatkan kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. 166-173).http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066/3378

Setyadi, Y. D., Wulandari, D., Lestari, L. D., Meliasari, W. O., & Sari, I. N. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change dan Social Control”. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542-1547.https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/download/8592/3586

Vivi, R. K., & Kusmiarti, R. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi Serta Membantu Administrasi Sekolah Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Studi Kasus Smp Negeri 39 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(2), 480-484.http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/2654

Widjanarko, W., Lusiana, Y., Mufrida, F., & Robani, M. E. (2021, December). Peran Mahasiswa sebagai Penggerak Literasi Bahasa dalam Program Kampus Mengajar Di SD Negeri 02 Longkeyang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni (Vol. 1, pp. 237-241). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosiding_fbs/article/download/24805/11692


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.