Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi SPLTV

Ristya Dwi Safitri Safitri, Novi Mayasari, Abdul Ghoni Asror

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem persamaan linier tiga variabel (SPLTV) kelas X SMK Dirgahayu Kedungadem. Metode pada penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MP2 SMK Dirgahayu Kedungadem dengan jumlah 27 siswa dan subjek pada penelitian ini adalah 4 siswa yaitu, 2 siswa kategori tinggi dan 2 siswa kategori rendah. Pengumpulan data menggunakan metode tes tulis, dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian, subjek dengan kategori tinggi mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan mampu menarik kesimpulan dari semua masalah yang ada pada soal. Subjek dengan kategori rendah kurang mampu dalam memahami masalah, merencanaan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan penarikan kesimpulan dari semua masalah yang ada pada soal, serta subjek merasa kesulitan dalam pengerjaannya.

 

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, SPLTV

 


Full Text:

PDF

References


Argarini, D. F. (2018). Analisis pemecahan masalah berbasis Polya pada materi perkalian vektor ditinjau dari gaya belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91-100. Dari

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020).Anallisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110-117.

Mayasari, Novi, Anita Dewi Utami, and Puput Suriyah. (2020) "Buku Referensi Fektivitas Model Penemuan Terbimbing dengan Menggunakan Tugas Superitem Terhadap Pengembaangan Kemmampuan Peecahan Masalah Matematika (Layout).” Penerbit CV. Pena Persada (1-36).

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020).Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.

Tarigan, I. M., Simanjorang, M. M., & Siagian, P. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender di SMP N 1 Kuta Buluh. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3),984-2998.

Usman, P. M., Tintis, I., & Nihayah, E. F. K. (2022).Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Basicedu, 6(1), 664-674.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.