Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa pada Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Media Audiovisual
Keywords:
writing skills, explanatory texts, quantum learning, audiovisualAbstract
Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menerapkan paradigma pembelajaran kuantum yang memanfaatkan media audiovisual bagi siswa kelas delapan di MTs. Baitul Muttaqin, Tumbrasanom, Kecamatan Kedungadem. Latar belakang penelitian ini berawal dari kurangnya kemampuan menulis siswa, terutama dalam mengartikulasikan konsep secara koheren dan logis dalam tulisan eksplanasi. Teknik pengajaran searah tradisional terbukti kurang efektif dalam mendorong keterlibatan dan keterlibatan aktif siswa dalam tugas menulis. Oleh karena itu, diperlukan strategi baru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam mengartikulasikan gagasan dalam bentuk tulisan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari langkah-langkah persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang substansial dalam kemampuan siswa dalam menghasilkan teks eksplanasi setelah penggunaan paradigma pembelajaran kuantum yang memanfaatkan sumber audiovisual. Siswa menunjukkan peningkatan keterlibatan, antusiasme, dan kemampuan dalam menyusun tulisan eksplanasi yang terstruktur dengan baik dengan penggunaan bahasa yang efisien. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menulis siswa setelah penerapan paradigma pembelajaran kuantum yang dilengkapi dengan media audiovisual. Pada siklus awal, 55% siswa mencapai persyaratan ketuntasan belajar, yang meningkat menjadi 90% pada siklus berikutnya. Lebih lanjut, terdapat peningkatan antusiasme dan keterlibatan siswa dalam kelas menulis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan paradigma pembelajaran kuantum yang dilengkapi dengan media audiovisual bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas delapan di MTs. Baitul Muttaqin Tumbrasanom, Kecamatan Kedungadem.
Kata kunci— kemampuan menulis, teks eksplanasi, quantum learning, audiovisual
Abstract— This study seeks to enhance the writing proficiency of explanatory texts by employing the Quantum learning paradigm utilising audiovisual media for eighth-grade students at MTs. Baitul Muttaqin, Tumbrasanom, Kedungadem District. The study's backdrop arises from students' inadequate writing skills, especially in articulating concepts coherently and logically in explanatory writings. Traditional unidirectional teaching techniques have demonstrated inadequacy in fostering students' engagement and active involvement in writing tasks. Consequently, a novel strategy is required to enhance students' critical and creative thinking in articulating ideas in writing format. The employed study methodology is Classroom Action study (CAR), executed in two cycles. Each cycle comprised steps of preparation, implementation, observation, and reflection. The study's results indicated a substantial enhancement in students' proficiency in producing explanatory texts following the use of the Quantum learning paradigm utilising audiovisual resources. Students exhibited increased engagement, enthusiasm, and proficiency in crafting well-structured explanatory writings with efficient language use. The results demonstrate an enhancement in students' writing skills following the implementation of the Quantum learning paradigm supplemented with audiovisual media. In the initial cycle, 55% of students achieved the learning mastery requirements, which rose to 90% in the subsequent cycle. Furthermore, there was a rise in student enthusiasm and engagement in writing classes. Consequently, it can be inferred that the implementation of the Quantum learning paradigm, supplemented by audiovisual media, is helpful in improving the explanatory text writing abilities of eighth-grade students at MTs. Baitul Muttaqin Tumbrasanom, Kedungadem District.
Keywords— writing skills, explanatory texts, quantum learning, audiovisual
References
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. Retrieved from: https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149.
Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2017). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa sekolah menengah pertama. Basastra, 4(2), 161-174.
Argiandini, S. R. (2019). Keterampilan Menulis Resensi. Retrieved from: https://doi.org/10.31227/osf.io/u26dz.
Astuti, S. P. (2020). Analisis kesalahan berbahasa tataran fonologi dan morfologi pada penulisan teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP PGRI 4 CIMAHI. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 21-30.
Dewi, R. S. (2020). Penggunaan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbantuan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Ipa-Biologi Pada Pokok Bahasan Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Di Mts N 5 Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 4(2).
E. (2023). Pentingnya Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa Tingkat 1 DIII Keperawatan Sutopo. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(11), 918–924. Retrieved from: https://doi.org/10.58812/jmws.v2i11.738.
Fatimatus Zahroh, Astri Apriyani, & Yusi Afrilia. (2024). Analisis Manfaat Media Audiovisual Animasi sebagai Bahan Pembelajaran Efektif untuk Anak Sekolah Dasar JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 3(`1), 300–311. Retrieved from: https://doi.org/10.61722/jipm.v3i`1.695.
Fauziah, A. (2021). Tujuan Dan Manfaat Ptk. Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya, 13.
Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik Smp/Mts. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63.
Hardani , A. B. P., & Nashikhah, M. (2023). Studi Literatur Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5672– 5684. Retrieved from: https://j- innovative.org/index.php/Innovative/article/view/992.
https://doi.org/10.30957/cendekia.v11i1.247.
Ichsan, J. R., Suraji, M. A. P., Muslim, F. A. R. R., Miftadiro, W. A., & Agustin,
Juniarti, Y. (2020, January). Pentingnya keterampilan menulis akademik bagi mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang. In Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 185-189).
Lestari, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 231–239. Retrieved from: https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.5.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. Retrieved from: https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21.
N. A. F. (2021). Media Audiovisual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. SNHRP, 3, 183-188.
Nashiroh, A. D., Safitri, A., Putri, A. K., Irsa, A. H., Kusuma, A. P., & Nurhayati,
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audiovisual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. Retrieved from: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Nurfadilah, K., & Nurachadijat, K. (2023). Peran Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di MA AL-Istiqomah Kota Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(1), 22–28. Retrieved from: https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i1.243.
Pinasti, I. I., Rohmadi, M., & Rakhmawati, A. (2018). Pembelajaran bahasa indonesia berbasis kurikulum 2013 (studi kasus pembelajaran teks ulasan cerpen di kelas VIII SMP Negeri 2 Ngawi). Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 155-167. Retrieved from: https://doi.org/10.20961/basastra.v6i1.37711.
Susdiana, B. E. (2017). Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas VII SMP. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 1-12.
Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1). Retrieved from: https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793”