Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dan Motivasi Belajar dengan Metode Outdoor Learning pada Siswa kelas VII di SMPN 2 Jatirogo Tuban

Penulis

  • Umi Ronna Anisah IKIP PGRI Bojonegoro
  • Abdul Ghoni Asror IKIP PGRI Bojonegoro
  • Okhta Ika Rahmawati IKIP PGRI Bojonegoro

Abstrak

abstrak—Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pembelajaran outdoor learning  untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pembelajaran bahasa Indonesia di SMPN 2 Jatirogo, Tuban. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas atau PTK sebagai alternatif bagi permasalahan proses pembelajaran di dalam kelas. Tahapan penelitian PTK terbagi menjadi empat tahap yakni 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, serta 4) refleksi. Tahap tersebut menjadi siklus yang diterapkan secara berulang namun memiliki prosedur yang serupa, dan difokuskan pada materi puisi melalui pendekatan outdoor learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode outdoor learning bisa meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII di SMPN 2 Jatirogo, Tuban.

Kata kunci—Keterampilan Menulis, Outdoor Learning, Penelitian Tindakan Kelas

 

Abstract— This study examines the implementation of outdoor learning to improve poetry writing skills in Indonesian language students at SMPN 2 Jatirogo, Tuban. This research is included in classroom action research (CAR) as an alternative to problems in the learning process in the classroom. The stages of CAR research are divided into four stages, namely 1) planning, 2) implementation of actions, 3) observation, and 4) reflection. These stages become a cycle that is applied repeatedly but has similar procedures, and is focused on poetry material through an outdoor learning approach. The results of the study indicate that the application of the outdoor learning method can improve the poetry writing skills of grade VII students at SMPN 2 Jatirogo, Tuban.

Keywords—Writing Skills, Outdoor Learning, Classroom Action Research

Referensi

Cahyani, S. D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Candipari 1 Sidoarjo Sinta Dwi Cahyani Abstrak. 06(12), 2159–2168. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/25502.

Efendi, D. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Model Distance Learning Di Sekolah Dasar Kota Jayapura. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 54-66. http://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/400.

Anjellina, M., Halidjah, S., & Sabri, T. (2019). Pengaruh penerapan model outdoor learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/33364/75676581481.

Fauziyah, N., Utami, R. D., & Sehati, A. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Peserta Didik Kelas V. Educatif Journal of Education Research, 3(4), 78-87. https://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/85.

Tristanti, L. B., & Ernawati. (2021). Penerapan Video Media Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Bulat Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Pendidikan Matematika, 10(September), 413–424. https://www.academia.edu/download/88234358/905.pdf.

Veronica, N. D. (2021). Pengaruh Metode Outdoor Learning terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa di Kelas IV SDN Kalipang 3 Kabupaten Blitar. 1(3), 204–212. https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p204-212.

Diterbitkan

2025-05-15

Terbitan

Bagian

Articles