Kajian Deiksis pada Album Fabula Karya Mahalini yang Relevansi dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sma
Kata Kunci:
deixis, album, Indonesian language learning in high schoolAbstrak
abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kajian deiksis pada album karya Mahalini serta relevensi dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatatif dengan mendeskrpsikan secara terperinci, sitematis, dan menyeluruh, serta hasil dalam penelitian ini memperoleh suatu hasil yang berupa kalimat yang membentuk paragraf dan tabel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis dokumen, dan pengecekan keabsahan data dalam penelitin ini menggunakan triangulasi. Pengecekan temuan dalam penlitian ini memanfaatkan metode, sumber dan teori terdahulu. Bersdasarkan analisis data yang ditemukan dalam penelitian ini ialah deiksis, dalam deiksis terdapat deiksis waktu, deiksis tempat, deiksis persona, deiksis sosial, dan deiksis wacana.
Kata kunci— deiksis, album, pembelajaran bahasa Indonesia di SMA
Abstract— This study aims to describe the study of deixis in Mahalini’s album and its relevance to Indonesian language learning in high school. This study uses a qualitative research type by describing in detail, systematically, and comprehensively, and the results in this study obtain a result in the form of sentences that form paragraphs and tables. The data collection technique in this study uses document analysis, and checking the validity of the data in this study uses triangulation. Checking the findings in this study utilizes previous methods, sources and theories. Based on the data analysis found in this study is deixis, in deixis there are time deixis, place deixis, person deixis, social deixis, and discourse deixis.
Keywords— deixis, album, Indonesian language learning in high school
Referensi
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan ajar sebagai bagian dalam kajian problematika pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1). Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/salaka/article/view/1838.
Arifuddin, A., Hanafi, N., Nawawi, N., Udin, U., & Fitriana, E. (2020). SOSIALISASI PROTOTIPE BUKU PRAGMATIC-BASED TOEFL LISTENING. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4). Doi: https://doi.org/10.29303/jppm.v3i4.2245
Arini Hanindharputri, M., & Angga Maha Putra, I. K. (2019). The Role of Influencer in Strategies to Increase Promotion of a Brand. Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain, 1, 335–343. Retrieved from https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/73
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2). Doi: http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167
Hasibuan, S. W., & Siregar, S. D. (2021). ALIH KODE OLEH PENYANYI INDONESIA PADA CAPTION DI INSTAGRAM. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 103-114.Doi: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v6i1.103-114
Hasudungan, E. S., & Devi, W. S. (2020). Pengembangan Game Sastra (GASAS) untuk Pembelajaran Karya Sastra dari Berbagai Angkatan bagi Siswa SMP. Pena Literasi, 2(2), 70-77. Doi: https://doi.org/10.24853/pl.2.2.70-77
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. Doi: https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261
Kushartanti,dkk. 2015. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia.
Manurung, E., & Yuhdi, A. (2022). Analisis Deiksis dalam Percakapan pada Channel Youtube Nihongo Mantappu Battle Ilmu Pengetahuan Umum. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(2), 117-124. Doi: http://dx.doi.org/10.30595/mtf.v9i2.13692
NINGSIH, N. P. D. T. (2022). MAKNA LIRIK LAGU PADA SINGLE ALBUM FANFARE KARYA Hey! Say! JUMP (KAJIAN SEMIOTIKA RIFFATERRE) (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar). Retrieved from https://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/2387/
Novitasari, E., dkk. (2023). Kesantunan berbahasa siswa dan guru pada diskusi pembelajaran bahasa indonesia: dalam perspektif teori robin lakoff. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 460-466. Doi: https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7478.
Rahaningmas, S. A., & Insani, N. M. (2018). Pengaluran Atau Pemplotan Dalam Karya Sastra. Doi: https://doi.org/10.31227/osf.io/79yhj
Rahman, F. (2021). Telaah Deiksis dalam Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA). Retrieved from http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1354
Raya Fitriyani, L. (2019). STRATEGI PERSONAL BRANDING PENYANYI TULUS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI. Conference On Communication and News Media Studies, 1, 271. Retrieved from https://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMNEWS/article/view/1101
Ritonga, M. (2015). Pandangan Para Ahli Bahasa Tentang Bahasa Serapan Dalam Al-Quran. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 11(1), 1-28. Doi: https://doi.org/10.18196/AIIJIS.2015. 0041. 1-27
Santoso, I. (2014). Pembelajaran bahasa asing di Indonesia: Antara globalisasi dan hegemoni. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1), 1-11. Doi: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v14i1.696
Siadari, O. L. (2020). Analisis Penggunaan Deiksis dalam Novel I’mperfect Karya Meira Anastasia. Retrieved from http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4608
Ummi Kulsum, La Yani Konisi, & La Ino. (2019). DEIKSIS DALAM NOVEL HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 4(3), 415–429. Retrieved from https://bastra.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/814
Viora, D. (2017). Sejarah, mitos, dan parodi dalam penciptaan karya sastra modern indonesia warna lokal. Jurnal Basicedu, 1(2), 66-75. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/278117/sejarah-mitos-dan-parodi-dalam-penciptaan-karya-sastra-modern-indonesia-warna-lo
Widiatmoko, B., & Waslam, W. (2017). Interjeksi dalam Bahasa Indonesia: Analisis Pragmatik. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(1), 87-102. Doi https://doi.org/10.47313/pujangga.v3i1.330