Menyajikan Buku Pop Up sebagai Media Literasi Siswa dalam Keterampilan Membaca dan Menulis Berita Secara Eksplore Improvement

Authors

  • Setia Dayani Universitas Islam Sultan Agung
  • Meilan Arsanti Universitas Islam Sultan Agung

Keywords:

Literacy, Pop-up Books, Exploration improvement

Abstract

abstrak— Semakin canggihnya sarana dan prasarana pembelajaran membuat guru dituntut untuk mampu mengetahui kebutuhan siswa dalam membuat media pembelajaran yang relevan. Terutama literasi di sekolah yang masih rendah membuat siswa SMP Islam Sultan Agung 4 mengalami kesulitan akan menerapkan keterampilan membaca dan menulis di era kurikulum merdeka ini. Penelitian ini menghasilkan tujuan untuk mengeksplorasi penggunaan buku pop-up sebagai media literasi yang dapat mengoptimalkan keterampilan membaca dan menulis siswa sekolah menengah pertama dengan level yang meningkat. Menyajikan buku pop-up sebagai media visual interaktif dinilai mampu menarik minat siswa serta memperkuat pemahaman bacaan dan kemampuan mengungkapkan gagasan dalam bentuk visual. Penelitian ini mengaplikasikan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan teknik wawancara dan teknik studi pustaka melalui pencarian sumber penelitian, menjadikan peningkatan yang signifikan dari hasil penelitian. Hasil penelitian, penulis mampu menunjukkan bahwa antusiasme, keterlibatan, serta hasil belajar siswa pada aspek literasi meningkat. Pada penelitian ini dapat menjadi rekomendasi integrasi buku pop-up ke dalam kurikulum merdeka pada aktivitas literasi sebagai inovasi pembelajaran yang kreatif dan eksploratif.

Abstract— The increasingly sophisticated learning facilities and infrastructure require teachers to be able to identify students' needs in creating relevant learning media. Especially literacy in schools that is still low makes students of SMP Islam Sultan Agung 4 have difficulty applying reading and writing skills in this independent curriculum era. This study resulted in the aim of exploring the use of pop-up books as literacy media that can optimize the reading and writing skills of junior high school students with increasing levels. Presenting pop-up books as interactive visual media is considered to be able to attract students' interest and strengthen reading comprehension and the ability to express ideas in visual form. This study applies a qualitative descriptive method, namely with interview techniques and literature study techniques through searching for research sources, making a significant increase in the research results. The results of the study, the author was able to show that enthusiasm, involvement, and student learning outcomes in the literacy aspect increased. In this study, it can be a recommendation for the integration of pop-up books into the independent curriculum in literacy activities as a creative and exploratory learning innovation.

References

Apriola, N.P., Sumiyani, dan Asih, R. (2024). Pengaruh Media Pop-up Bokk Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SDN Kunciran 3 Kota Tangerang. JICN: Jurnal Intelek dan Cendekiawan Nusantara, Vol. 1(4), Tangerang. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Guslinda, et.al. (2024). Pemanfaatan Pop-Up Book Sebagai Media Literasi Pencegahan Perilaku Bullying. BERNAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5(1), Padang.

Huda, Ainul Ibnu Niam, et.al. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi dengan Model Pembelajaran Group Investigation pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Rembang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol. 5 (2), Semarang.

Karumpa, A., Andi, H., dan Sulastri. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. Jurnal Onom : Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 8(2), Makassar.

Loliyana, Dinda, T.A., dan Ujang, E. (2022). Penggunaan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas 1 SD. Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Bandar Lampung. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v9i1.9602

Rahmawwati, D. A. dan Rusnilawati. (2024). Model Discovery Learning Menggunakan Media Smart Pop Up Book Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 8,Surakarta. https://doi.org/10.23887/jipp.v8i2.77930

Rifany, M. (2024). Pengembangan Media Pop up Book dalam Meningkatkan Budaya Literasi Program Pojok Baca di SMP Negeri 1 Berastagi. Skripsi, Medan.

Silqi, V.I. dan Rohmat, F. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi untuk Siswa SMA. Jurnal Educatio, Vol. 8(3), Trenggalek. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2194

Susanti, A. dan Murfiah, D.W. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Mint Baca pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Karangpandan. Attadib : Journal of Elementary Education, Vol.8(3), Surakarta.

Susanti, I.A. (2021). Media Pop-up Book Sebagai Penunjang Keberhasilan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Wyata Dharma :Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 9(1), Semarang.

Widiastuti, N.L.G.D.K (2019). Program Aksi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Prosiding Nasional Jayapangus Press, Bali.

Yufrizal, Y., Patri, J.S., dan Lasma, S. (2024). Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Jelas II SD Negeri Malaka. JURRIPEN : Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, Vol. 3(1), Medan. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2677

Downloads

Published

2025-05-15

Issue

Section

Articles