Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa melalui Metode Pembelajaran Picture Mapping

Authors

  • Ma’rifatul Inayah IKIP PGRI Bojonegoro
  • Cahyo Hasanudin IKIP PGRI Bojonegoro
  • Sutrimah Sutrimah IKIP PGRI Bojonegoro

Keywords:

writing explanatory text, picture mapping

Abstract

abstrak—Penelitian ini dilakukan dengan tujuan ditemukan kesulitan oleh siswa & siswi kelas VII SMP MBS Al-Amin Putri Bojonegoro dalam menulis teks ekplanasi. Tujuan penelitian agar memberikan motivasi serta meningkatnya minat dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengembangkan kemampuan menulis. Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yang terdiri 2 siklus mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta wawancara dengan subjek kelas VII SMP. Penelitian tersebut cocok digunakan dalam pembelajaran dengan metode picture mapping, karena menunjukkan meningkatnya kemampuan menulis pada teks eksplanasi.

Kata kunci—menulis teks eksplanasi, picture mapping

 

Abstract— This study was conducted with the aim of finding difficulties by seventh grade students of SMP MBS Al-Amin Putri Bojonegoro in writing explanatory texts. The purpose of this study is to provide motivation and increase interest in the learning process and can develop writing skills. This study uses classroom action research (CAR) with two cycles. In each cycle, two meetings were held consisting of planning, implementation, observation, and interviews. The subjects of the study were seventh grade students of SMP. The results of the study showed that there was an increase in the ability to write explanatory texts, which can be seen from the structures of explanatory texts and vocabulary. That the picture mapping method is suitable for use in learning explanatory texts.

Keywords— writing explanatory text, picture mapping

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. Pernik, 3(1), 35-44. Doi: https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Budiani, S. A. (2018). Peningkatan Ketrampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Brainwriting. Paedagogie, 13(1), 37-42. Retrieved from https://journal.unimma.ac.id/index.php/paedagogie/article/view/2086

Damayanti, W. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 141-150. Retrieved from https://pembahas.dialeks.id/index.php/jp/article/view/25

Dhari, P. W., Anggraini, H., & Nasution, M. K. (2022). Peran guru kelas dalam mengembangkan keterampilan berbahasa siswa kelas rendah. Ta'dib, 12(1), 43-51. Retrieved from https://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/article/view/121

Fitriani, D., Rukayah, R., & Daryanto, J. (2021). Analisis kemampuan memahami teks eksplanasi pada peserta didik kelas v sd. Didaktika Dwija Indria, 9(3). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/50117

Gani, R. H., Supratmi, N., Ernawati, T., & WIjaya, H. (2024). Mengembangkan bakat menulis siswa, meningkatkan keterampilan menulis cerpen, serta menumbuhkan minat baca dan tulis. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(2), 106-119. Retrieved from https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/lamahu/article/view/24904

Gunadi, G., Prasetyo, T., Kurniasari, D., & Muhdiyati, I. (2023). Peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dengan metode experiential learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(1), 35-43. Doi: https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2351

Handayani, F., Aminah, A., & Mohzana, M. (2023). Keterampilan Menulis Siswa Kelas X Menggunakan Media Aplikasi Speech to Text pada Gawai. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7(1), 187-201. Retrieved from https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/6874

Iqbal, S. M. (2022). Keefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantu Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas Persatuan Guru Republik Indonesia 1 Pati). Jurnal Spirit Edukasia, 2(01), 32-38. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/spiritedukasia/article/view/11579

Komalasari, D., & Apriliana, A. C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fiksi. Literat-Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 103-108. Retrieved from https://ejournal.lppmunsap.org/index.php/literat/article/view/523

Kuswandi, S., & Putri, N. D. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Tahsinia, 2(1), 97-109. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/280

Maelasari, N. (2020). Menulis Teks Eksposisi dalam Model Pembelajaran Mind Mapping. Metamorfosis| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 13(1), 41-49. Retrieved from https://www.ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis/article/view/303

Nengsih, R. D., & Hamsiah, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 93 Barru. Bosowa Journal of Education, 3(2), 146-149. Retrieved from https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/2637

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal basicedu, 4(2), 379-388. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/362

Purnamasari, A. I. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Picture Mapping (Picture And Picture dan Mind Mapping) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Jakarta (Doctoral dissertation, universitas negeri jakarta). Retrieved from http://repository.unj.ac.id/9695/

Wiratama, N. A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3428-3434. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2527

Downloads

Published

2025-05-15

Issue

Section

Articles