Implementasi Model Blended learning dalam Pembelajaran Drama
Kata Kunci:
Blended learning, drama, educationAbstrak
abstrak—Implementasi model blended learning dalam pembelajaran drama. Penyampaian teori yang sekedar ceramah terkadang cenderung membuat mahasiswa apatis, dan kurang antusiasme. Tujuan penulisan artikel ini ialah menggambaran pengimplementasi model pengajaran blended learning yang dapat diterapkan ketika proses belajar mengajar, terutama dalam mata kuliah pementasan drama. Metode penulisan artikel memakai metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengamatan untuk penelitian dilaksanakan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yakin jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sultan Agung Semarang. Penerapan blended learning ini memadukan metode pembelajaran konvensional dan modern dalam proses belajar mengajar ketika pemberian materi serta penugasanya. Fokus dari artikel ini adalah efek dan cara penerapan belajar dari implementasi blended learning dalam pengajaran mata kuliah pementasan drama.
Kata kunci—blended learning, drama, pendidikan
Abstract—Implementation of the blended learning model in learning drama. Submission of theories that are just lectures sometimes tend to make students apathetic, and less enthusiastic. The purpose of writing this article is a picture of the implementation of the blended learning teaching model that can be applied during the teaching and learning process, especially in the drama staging course. Article Writing Method Using Qualitative Descriptive Research Methods Case Study. Observations for this research were carried out at the Teaching and Education Faculty Confident the Department of Indonesian Language and Literature Education, Sultan Agung University, and. The application of blended learning combines conventional and modern learning methods in the teaching and learning process when providing materials and their assignments. The focus of this article is the effect and way of applying learning from the implementation of blended learning in teaching drama staging courses.
Keywords—blended learning, drama, education
Referensi
REFERENSI
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Semarang: UNISSULA Press.
Endraswara, S. (2011). Metode pembelajaran drama. Yogyakarta: Media Pressindo.
Fatiru, A. N., & Walujo, D. A. (2020). Desain blended learning . Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Hambali, Ardansyah, M., BR, R., Surbakti, & Lumbantobing, P. A. (2023). Manajemen berbasis sekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Indaryanti, Hapizah, Araiku, J., Pratiwi, W. D., Meryansumayeka, Kurniadi, E., . . . Nuraeni, Z. (2020). Rencana Pelaksanaan pembelajaran berbasis blended learning dengan model flipped classroom. Palembang: CV. Bening Media Publishing.
Marlianingsih, N., & Puspitasari, T. (2018). Implementasi content based learning dalam pembelajaran drama. Jurnal Pujangga , 67-78.
Mulyono, & Wekke, I. S. (2018). Strategi pembelajaran di abad digital. Yogyakarta: Gawe Buku.
Nasarudin, Bur, E. Y., Aimang, H. A., Erningsih, Susito, Metri, G. G., & Arianti, S. F. (2025). Pembelajaran dan pengajaran. Sumatra Barat: Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Parwati, N. N., Suryawan, I. P., & Apsari, R. A. (2020). Belajar dan pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Umrati, & Wijaya , H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Makassar: Skolah Tinggi Theologia Jeffray.