Analisis Psikologi Sastra Novel Unfinished Goodbye Karya Syahid Muhammad serta Relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Aniswatul Ulya, Masnuatul Hawa, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis psikologi sastra novel Unfinished Goodbye karya Syahid Muhammad. Tujuan pemelitian ini untuk menganalisis aspek psikologi tokoh dengan lima kebutuhan teori Abraham Maslow, siswa tidak hanya belajar memahami teks secara akademik, tetapi juga mengembangkan empati, berpikir kritis, dan kesadaran emosional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data utama berupa novel Unfinished Goodbye karya Syahid Muhammad. Tempat dan waktu penelitian memerlukan bahan pustaka sebagai bahan referensi yang banyak didapatkan di perpustakaan. Data yang digunakan peneliti berupa sumber data primer yaitu berupa novel yang berjudul Unfinished Goodbye karya Syahid Muhammad, sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku-buku teori psikologi sastra, jurnal, artikel penelitian, serta dokumen lain yang mendukung analisis dan interpretasi terhadap teks novel. Teknik pengumpulan data berupa teknik baca dan catat dalam novel Unfinished Goodbye karya Syahid Muhammad. Teknik analisis data berupa penyajian data, redukasi data, penarikan kesimpulan. Teknik validasi data berupa validasi trianggulasi data, sumber, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Unfinished Goodbye karya Syahid Muhammad ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di jenjang SMA, karena isi bacaan dalam novel tersebut lebih cocok dibaca kalangan remaja. Dengan mempelajari psikologi tokoh utama pada novel tersebut siswa akan menambah pengetahuan dalam menghadapi masalah-masalah yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian lima kebutuhan teori psikologi sastra Abraham Maslow diantaranya: 1.) Kebutuhan fisiologis ada 29 data, 2.) Kebutuhan rasa aman ada 23 data, 3.) Kebutuhan rasa cinta dan memiliki ada 25 data, 4.) Kebutuhan harga diri ada 30 data, 5.) Kebutuhan aktualisasi diri ada 32 data.

Kata kunci—Analisis Psikologi Sastra, Novel Unfinished Goodbye Syahid Muhammad, Relevansi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

 

Abstract—This study aims to analyze the literary psychology of the novel Unfinished Goodbye by Syahid Muhammad. The purpose of this study is to analyze the psychological aspects of the characters with Abraham Maslow's five needs theory, students not only learn to understand the text academically, but also develop empathy, critical thinking, and emotional awareness.The research method used in this research is descriptive qualitative with the main data source in the form of the novel Unfinished Goodbye by Syahid Muhammad. The place and time of research require library materials as reference materials that are widely available in the library. The data used by researchers are primary data sources in the form of a novel entitled Unfinished Goodbye by Syahid Muhammad, while secondary data sources come from books on literary psychology theory, journals, research articles, and other documents that support the analysis and interpretation of the novel text. Data collection techniques in the form of reading and recording techniques in the novel Unfinished Goodbye by Syahid Muhammad. Data analysis techniques are data presentation, data reduction, and conclusion drawing. Data validation techniques in the form of validation triangulation of data, sources, and time.The results showed that the novel Unfinished Goodbye by Syahid Muhammad can be used as Indonesian language learning material at the high school level, because the reading content in the novel is more suitable for teenagers to read. By studying the psychology of the main character in the novel, students will gain knowledge in dealing with the problems that occur. Based on the research results, the five needs of Abraham Maslow's literary psychology theory include: 1.) Physiological needs there are 29 data, 2.) The need for a sense of security is 23 data, 3.) The need for love and belonging is 25 data, 4.) Self-esteem needs there are 30 data, 5.) There are 32 data for self-actualization needs.

Keywords— Analysis of Literary Psychology, Novel Unfinished Goodbye Syahid Muhammad, Relevance of Learning Indonesian Language in High School


Keywords


Analysis of Literary Psychology, Novel Unfinished Goodbye Syahid Muhammad, Relevance of Learning Indonesian Language in High School

Full Text:

PDF

References


Adrean Windri Astuti, C. (2022). Nilai Moral Karya Sastra Sebagai Alternatif Pendidikan Karakter (Novel Amuk Wisanggeni Karya Suwito Sarjono). Jurnal Bahasa dan Sastra.

Ahmadi, A. (2015). Psikologi sastra. Penerbit unesa university press.

Ariyanti, dkk. (2023). Pelatihan Travel Writing Bagi Alumni Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Universitas Negri Surabaya.

Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT.Buku Seru.

Hawa, M. (2017). Teori Sastra. Sleman: Deepublish.

Muthoharoh, M., & Prastyaningsih, H. (2020). Melestarikan Budaya Literasi Karya Sastra melalui Literasi Digital di Era Milenial. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Nurgiyantoro, B (2018). Teori Pengkajian Fiksi. UGM Press.

Prabowo, H. (2020). Pengajaran sastra yang menekankan pada pemahaman emosi dan imajinasi siswa dapat membuka peluang bagi mereka untuk menikmati puisi secara lebih mendalam. Jurnal Pendidikan Sastra Indonesia.

Prawira, S, D. (2018). Karakter Tokoh Utama Pada Novel Entrok Karya Okky Madasari (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Ilmiah.

Purwanto, F., & Wulandari, R. (2020). Implementasi Kecerdasan Spiritual bagi Pendidikan. Missio Ecclesiae, 9(1), 95–112. https://doi.org/10.52157/me.v9i1.107.

Puspita, H. (2021). Analisis Penokohan Novel “Iavanna Van Dijk” Karya Risa Saraswati melalui Pendekatan Psikologi Sastra. KASTRAL: Kajian Sastra Nusantara Linggau, 1(1), 9–21. https://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/kastral/article/view/11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.