Analisis Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa pada Model Pembelajaran Project Based Learning
Abstract
menulis siswa dalam menyusun teks eksplanasi setelah diterapkannya pendekatan pembelajaran berbasis proyek Project Based Learning (PjBL) di UPT SMP Negeri 1 Parengan Tuban. Latar belakang dari penelitian ini muncul karena masih rendahnya keterampilan siswa dalam menulis teks eksplanasi secara sistematis dan sesuai dengan struktur yang benar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus diterapkan dalam penelitian ini dengan melibatkan siswa kelas VII sebagai subjek. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, dan tes tertulis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL mempengaruhi secara positif perkembangan keterampilan menulis siswa, khususnya pada struktur teks dan penerapan unsur kebahasaan. Selain itu, model ini juga menumbuhkan semangat belajar yang lebih aktif, kreatif, serta meningkatkan keterkaitan antara materi pembelajaran dengan realitas kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pendekatan ini dinilai mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu keterampilan menulis teks eksplanasi.
Kata kunci—kemampuan menulis, teks eksplanasi, Project Based Learning, pembelajaran, siswa.
Abstract— The purpose of this study is to analyze the level of students’ writing skills in composing explanatory texts following the implementation of the Project Based Learning (PjBL) approach at UPT SMP Negeri 1 Parengan Tuban. The background of this research stems from the low proficiency of students in writing explanatory texts in a systematic manner and according to correct structural conventions. A case study approach was employed, involving seventh-grade students as the subjects. Data collection techniques included interviews, observations, and written tests. The findings reveal that the application of the PjBL model has a positive impact on students' writing skills, particularly in terms of text structure and the use of appropriate linguistic elements. Moreover, this model fosters more active and creative learning attitudes and enhances the connection between learning content and real-life experiences. Thus, this approach is considered effective in improving the quality of students’ explanatory writing skills.
Keywords— writing skills, explanatory text, Project Based Learning, learning, students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2007). Analisis eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arida, E., Susetyo, S., & Yulistio, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Persuasi dengan Menggunakan Teknik Pemodelan Siswa Kelas VIII SMPN L Sidoharjo Kabupaten Musi Rawas. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 21-30.
Azkia, H., & Isnandab, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII MTSN Durian Tarung Padang. Bahasta, 38(2), 95-98.
Dadan Setiawan, Tatat Hartati, and Wahyu Sopandi. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, And Create. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar IV,1(1)
Dalman, Keterampilan Menulis, cetakan ke-5 (Depok: RajaGrafindo Persada, 2016), 3–4
Destyanti Azzahra (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri Perisai Kutacane Tahun Pembelajaran2024/202. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara-Medan.
Fauzan & Diner. (2020), Implementasi Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Sman 1 Seberida. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 15(1), 50-60
Hulu, A., Harefa, T., & Bawamenewi, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Biografi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Scientific. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 96-101. https://doi.org/10.56248/educatum.v1i1.39
Ibrahim, A., Arief, A., & Do Abdullah, S. (2020). Keamanan Untuk Penerapan Layanan Publik Pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (Spbe): Sebuah Kajian Pustaka Sistematis. IJIS-Indonesian Journal On Information System, 5(2), 135-143. https://doi.org/10.36549/ijis.v5i2.105
Jones, B. F., Rasmussen, C. M., & Moffitt, M. C. (1997). Real-life problem solving: A collaborative approach to interdisciplinary learning. Washington DC: American Psychological Association. doi:10.1037/10266-000.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. ARRIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1)
Kinanti Padmi Pratiwi (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di Smkn 2 Klaten. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Lian, (2021). “Analisis Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Lawe Sigala-Gala Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Lubis, L., Wulandari, W., Ray, S. A., Kusyani, D., & Nasution, N. (2023). Sosialisasi Pengembangan Keterampilan Potensi Manajemen Diri Melalui Literasi Inspirasi Biografi Tokoh. Jaliye: Jurnal Abdimas, Loyalitas, Dan Edukasi, 2(2), 79-73. Https://Doi.Org/10.47662/Jaliye.V2i2.642
Mahsun (2013: 116). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).
Meier, Dave. 2000. The Accelerated Learning Handbook. McGraw-Hill Education.
Metavia, H. M., & Widyana, R. (2022). Pengaruh Down Syndrome terhadap Perkembangan Akademik Anak di Indonesia. Jurnal Wacana Kesehatan, 7(2), 54-60. https://doi.org/10.52822/jwk.v7i1.403
Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyaningsih I. (2015). Kemampuan menulis deskripsi (studi kasus di pondok pesantren nuurusshiddiiq, Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 1(1), 1-16.
Musbikin. 2010. Guru yang menakjubkan. Yogyakarta: Buku Biru.
Nurjanah, F., & Faznur, L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Brainstroming dalam Meningktkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Bebantuan Media Quizizz. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 45-51. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/13368
Nuryati, D.W., Masitoh, S., & Ariato, F. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik Di Masa Pandemi. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 98-106
Putri, M. M., Permana, I., & Rostikawati, Y. (2023). Identifikasi kemampuan menulis teks biografi dalam pembelajaran daring berbasis model think talk write (TTW). Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 53-62. https://doi.org/10.22460/parole.v6i1.11816
Sardiman, 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. GrafindoPersada
Sugiyono. 2018. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. h. 2.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Palkem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Supryati, A. S., Halidjah, S., & Pranata, R. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas V Menggunakan Pembelajaran Model Daring Di Sekolah Dasar Negeri 39 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(5), 2593-2600. Retrived from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/46968/75676589441
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Umam, N. (2022). Pengaruh kebiasaan menulis menggunakan kata baku di media sosial terhadap keterampilan menulis mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 127-134. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6980
Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Utami, K., Oktaviany, V., & Dwiprabowo, R. (2021). Hubungan Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Narasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 369-375). Retrived from http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1320
Wartiningsih, (2019). Pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMAS mujahidin pontianak tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1-11.
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, S. A., & Khasanah, U. (2019). Kajian literatur dan teori sosial dalam penelitian. Metode penelitian ekonomi syariah, 80, 1-23. Retrieved from https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:UedACcmDZb0J:scholar.google.com/+kajian+pustaka+adalah&hl=id&as_sdt=0,5
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.