Penerapan Pendekatan Inkuiri berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas VIII SMP Pancasila Dander Tahun Ajaran 2024/2025

Bunga Maria Ratu Justice, Masnuatul Hawa, Joko Setyono

Abstract


abstrak—Menulis naskah drama adalah kemampuan yang melibatkan berfikir kritis, kreatif, serta pemahaman terhadap unsur naskah drama. Peningkatan kemampuan menulis naskah drama pada siswa dapat dilakukan melalui pendekatan pembelajaran yang inovatif. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah pendekatan inkuiri berbantuan media visual. Pendekatan ini mengintegrasikan media visual dalam proses pembelajaran untuk merangsang pemahaman dan kreativitas siswa dalam menulis naskah drama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa melalui penerapan pendekatan inkuiri berbantuan media visual. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Pancasila Dander pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat tahap ini dilaksanakan secara bersiklus (berulang), dan dalam penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: 1) observasi, 2) wawancara, 3) angket, dan 4) tes tulis. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan teknik triangulasi, yaitu membandingkan data dari berbagai sumber dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pendekatan inkuiri berbantuan media visual dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Pancasila Dander.

Kata kunci—Menulis Naskah Drama, Pendekatan Inkuiri, Media Visual, Siswa SMP

 

Abstract— Writing a drama script is an ability that involves critical and creative thinking, as well as understanding the elements of a drama script. Improving students' ability to write drama scripts can be done through an innovative learning approach. One approach that can be applied is the visual media-assisted inquiry approach. This approach integrates visual media in the learning process to stimulate students' understanding and creativity in writing drama scripts. This research is a classroom action research (CAR) conducted to improve students' ability to write drama scripts through the application of a visual media-assisted inquiry approach. This research was conducted in class VIII of SMP Pancasila Dander in the even semester of the 2024/2025 academic year. The subjects in this study were all class VIII students. The research design used refers to the Kemmis and McTaggart model which consists of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. These four stages are carried out cyclically (repeatedly), and in this study were carried out for two cycles. Data collection techniques in this study include: 1) observation, 2) interviews, 3) questionnaires, and 4) written tests. To ensure the validity of the data, triangulation techniques are used, namely comparing data from various sources and data collection techniques. The results of this study explain that the inquiry approach assisted by visual media can improve drama script writing skills in class VIII students of SMP Pancasila Dander.

Keywords— Writing Drama Scripts, Inquiry Approach, Visual Media, Junior High School Students


Keywords


Writing Drama Scripts, Inquiry Approach, Visual Media, Junior High School Students

Full Text:

PDF

References


Akbar, J. S., & Djakaria, D. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis android menggunakan pendekatan inkuiri untuk menguatkan technological pedagogical and content knowledge (tpack) calon guru. Oxygenius: Journal Of Chemistry Education, 5(1), 46-53. Doi: https://doi.org/10.37033/ojce.v5i1.549.

Ansya, Y. A. U., dkk.(2024). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca tulis siswa sekolah dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598-606. Doi: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183.

Ali, D. Z., & Lucius, C. R. (2024). Desain maskot untuk media komunikasi visual pada tk al-khairiyah di bekasi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 16563-16574. Doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.14549.

Asril, A., Jaenam, J., dkk. (2023). Peningkatan nilai-nilai demokrasi dan nasionalisme pada mahasiswa melalui pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1300-1309. Doi: https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25109.

Dewi, A. M., dkk. (2021). kemampuan memparafrase fabel menjadi naskah drama pada siswa kelas vii smp negeri 18 bandar lampung tahun pelajaran 2020/2021. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 1-11. Rretrived From: http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/index.php/warahan/article/view/89.

Fitriyani, E., dkk. (2024). Implementasi Media Diorama Pada Pembelajaran IPAS Kelas III DI SDN Layungsari 2. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 299-309. Doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.4037.

Hidayat, I., Towaf, S. M., & Ruminiati, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Mind Map Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V (Doctoral dissertation, State University of Malang). Retrived From: https://www.neliti.com/publications/211368/penerapan-model-pembelajaran-cooperative-script-berbantuan-mind-map-untuk-mening.

Jaya, T. D., dkk. (2022). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Larutan Penyangga. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 359-366. Doi: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.44.

Lubis, E. L. S. (2019). peran guru dalam menciptakan pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa indonesia di kelas v sd negeri 050718 cempa. Jurnal Sintaksis, 1(1), 7-7. Retrived From: https://www.ojs.yayasanalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/6.

Mahardika, D. D., dkk. (2024). Cyber crime sebagai sumber penciptaan skenario film pendek" pitch bill". Indonesian Art Journal, 13(2). Doi: https://doi.org/10.24821/ekp.v13i2.14143.

Martha, N. U., dkk. (2022). Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama bermuatan kearifan lokal dan pendidikan karakter. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(1), 68-83. Doi: https://doi.org/10.22219/jinop.v8i1.19554.

Mulia, A. (2021). Pembelajaran menulis naskah drama dengan strategi menulis terbimbing. Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 19(2), 217-228. Doi: https://doi.org/10.26499/mm.v19i2.4037.

Pratiwi, B. A., dkk. (2024). Pembelajaran diferensiasi berbasis proyek untuk pengembangan keterampilan menulis cerita pendek di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2998-3009. Doi: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4035.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848. Doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3780.

Safari, Y., & Inayah, Y. (2024). Penerapan teori bruner dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dengan pendekatan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan, 3(1), 156-164. Doi: https://doi.org/10.572349/seroja.v3i1.1815.

Sari, A. A. I., & Lutfi, A. (2023). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan inkuiri. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 118-129. Retrived From: https://jiped.org/index.php/JSP/article/view/225.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99-103. Doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.

Sinaga, E., dkk. (2021). Analisis kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas iv sekolah dasar. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (1453-1462). Retrived From: http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/2123.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118-126. Doi: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.

Warsana, D., & Pauhrizi, E. M. (2024). Integrasi pendekatan teater dalam pembelajaran seni pemeranan untuk mahasiswa film: studi kasus pada metode stanislavsky dan games and exercise. Dance and Theatre Review, 7(2), 70-87. Doi: https://doi.org/10.24821/dtr.v7i2.13905.

Widiya, A. W., & Radia, E. H. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 127-136. Doi: https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.477.

Zega, L. F. D., & Zega, I. (2023). LZ pengembangan media pembelajaran dalam bentuk gambar pada materi menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah kelas viii smp swasta idanoi. Jurnal PRIMED: Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An, 3(2), 188-195. Doi: https://doi.org/10.33379/primed.v3i2.3060.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.