Analisis Pendekatan Sosiologi Sastra Cerpen “Pulang” Karya Hanik Alina

Lailatul Izzah, Meilan Arsanti

Abstract


abstrak—Cerpen “Pulang”karya Hanik Alina mengisahkan perjuangan ibu tunggal yang membesarkan ketiga anaknya setelah kepergian sang suami. Penelitian ini mencoba menjelaskan nilai-nilai sosial, religius, dan pendidikan yang ditemukan dalam cerita Hanik Alina "Pulang".Studi ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif, metode utama dalam pendekatan ini adalah analisis isi.Data diperoleh dari teks cerpen dan dianalisis berdasarkan teori nilai-nilai dalam karya sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerpen "Pulang" mengandung berbagai nilai kehidupan yang bermakna, dengan berkonsentrasi pada studi sastra tentang nilai sosial, nilai religius, dan nilai pendidikan.

Abstract—The brief narrative “Pulang” by Hanik Alina tells the story of a single mom's struggle to raise her three children after the departure of her husband. This study seeks to explain thesocial, religious, and educational values contained in the short story “Pulang” by Hanik AlinaThis study employs a descriptive qualitative methodology, with the primary method being content analysis.Data were obtained from the short story text and analyzed based on the theory of values in literary works. The results showed that the short story “Pulang” contains various meaningful life values, focusing on literary sociology related to social values, religious values and educational values.


Keywords


Sociology, Short Stories, Values

Full Text:

PDF

References


Banjarnahor, R. R., Waruwu, N. P., & Annisa, A. (2022). Analisis pendekatan sosiologi sastra cerpen “ada tuhan” karya Lianatasya. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 27-33. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.144

Faruk. 2017. “Metode Penelitian Sastra”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsurintrinsik dan nilai-nilaipsikologisdalamnaskah drama “matahari di sebuahjalankecil” karya Arifin C Noor sebagaialternatifpemilihanbahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (Daring). [https://kbbi.kemdikbud.go.id/]. Diakses 10 Mei 2025.

Komariah, Aan, dan Djam’an Satori. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandug: Alfabeta

Rohma, R. R., Chamalah, E., & Turahmat, T. (2018). Nilai moral pada cerpen rindu kami bertemu di tahajud karya asma nadia dengan metode inkuiri pada siswa kelas XI SMA pgri demak tahun ajaran 2017. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 172-186. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/j.6.2.172-186

Simaremare, J., Santoso, G., Rantina, M., & Asbari, M. (2023). Sastra Menjadi Pedoman Sehari-hari Telaah Singkat Karya Sastra Menurut Para Ahli. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(3), 57-60 https://doi.org/10.9000/jpt.v2i3.238

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.Wellek, R & Austin, W. 2016. Teori kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Tarsinih, E. (2018). Kajian terhadap nilai-nilai sosial dalam kumpulan cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan sebagai alternatif bahan ajar. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 70


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.