Augmented Reality sebagai Inovasi Media Pembelajaran Fisika untuk Mewujudkan Pengalaman Belajar Imersif

Purwanita Muthi'ah, Ovie Harindrika Darmawan, Malinda Devy Prastyowati

Abstract


abstrak— Kemajuan teknologi terus berkembang dan memberikan pengaruh terhadap semua aspek kehidupan manusia, salah satunya pada aspek pendidikan. Sebagai salah satu inovasi teknologi terkini, Augmented Reality (AR) berpotensi digunakan sebagai media pembelajaran yang menghadirkan pengalaman belajar lebih interaktif dan imersif. Penggunaan teknologi Augmented Reality dapat memvisualisasikan konsep yang abstrak yang seolah menjadi nyata sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi fisika dengan baik. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat dijelaskan bagaimana Augmented Reality berperan sebagai inovasi media pembelajaran fisika, mengetahui dampak pemanfaatan Augmented Reality terhadap proses pembelajaran fisika, serta mengetahui keunggulan dan kelemahan dalam penggunaanya. penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara sistematis melalui prosedur secara terencana dan terstruktur untuk memetakan penelitian terdahulu tentang Augmented Reality yang digunakan sebagai inovasi media pembelajaran. Teknologi Augmented Reality (AR) memungkinkan peserta didik merasakan pengalaman belajar yang lebih imersif dan mendalam saat digunakan sebagai media pembelajaran. Pemanfaatan media berbasis AR dalam proses pembelajaran dapat menunjang pengembangan berbagai kompetensi peserta didik. Penggunaannya sebagai media pembelajaran fisika memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Oleh karena itu, Augmented Reality dapat disimpulkan sebagai salah satu inovasi media pembelajaran yang relevan dan efektif dalam mewujudkan pengalaman belajar fisika yang lebih interaktif dan imersif.

 

Kata kunci—Augmented Reality, belajar imersif, media pembelajaran, kompetensi siswa.

 

Abstract—Technological advancements continue to evolve and influence various aspects of human life, including education. One of the emerging innovations is Augmented Reality (AR), which offers immersive and interactive experiences in learning environments. As a learning media, AR enables the visualization of abstract concepts in a more tangible and realistic way, thereby enhancing students' understanding of physics material. This study aims to explore the significance of Augmented Reality as an innovative tool in physics education,to know the effect of using Augmented Reality in physics learning , and to know the advantages and disadvantages of its implementation. The method employed in this paper is a qualitative approach through a literature study conducted in a systematic and structured manner to analyze previous studies related to the use of AR in education. The findings highlight that AR-based learning media provide engaging and in-depth learning experiences, support the development of multiple competencies, and present both benefits and challenges. In conclusion, Augmented Reality serves as an effective and innovative media for improving the quality of physics learning.

Keywords— Augmented Reality, immersive learning, learning media, student competencies


Keywords


Augmented Reality, immersive learning, learning media, student competencies

Full Text:

PDF

References


Ashari, D. (2023). Analisis pemanfaatan media pembelajaran Augmented Reality (Ar) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Khazanah Pendidikan, 17(1), 176. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16040.

Berlian, L., Arfan, F. M., Azzahra, S., Eryulianti, D., & Anggraeni, T. D. (2024). Implementasi Assembler Edu untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IX pada materi listrik statis. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 381–387. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1518

Chen, C. P. (2015). Employing augmented-reality embedded instruction to disperse the imparities of individual differences in earth science learning. Journal of Science Education and Technology, 24(6), 835-847. Retrieved from https://link.springer.com/article/10.1007/s10956-015-9567-3.

Dani, H. (2021). Studi terhadap media Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada KD memahami jenis-jenis alat berat. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(1), 1-5. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/37593.

Dewi, P. S., & Kuswanto, H. (2023). The effectiveness of the use of Augmented Reality-Assisted Physics E-Module based on Pedicab to improve mathematical communication and critical thinking abilities. Journal of Technology and Science Education, 13(1), 53–64. https://doi.org/10.3926/jotse.1714.

Hariyono, (2023). Penggunaan teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran Ekonomi: Inovasi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9040-9050. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2894.

Hartono, H. (2022). Pengaruh aplikasi Augmented Reality terhadap hasil belajar Fisika SMA Negeri 1 Karangrayung tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(1), 145–154. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i1.11716.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Kiswanto, H. (2024). Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality pada mata kuliah Fisika terapan berdasarkan IMO Modul Course 7.04. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(4), 190-198. https://doi.org/10.36709/jipfi.v9i4.123.

Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan media belajar monopoli untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(1), 10–15. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.720.

Leliavia, L. (2023). Literature review: Media pembelajaran Augmented Reality (AR) sebagai inovasi di era revolusi industri 4.0. Khatulistiwa Profesional: Jurnal Pengembangan SDM Dan Kebijakan Publik, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.62099/khapro.v4i1.41.

Masruroh, H., Hadi, W. P., Ahied, M., Tamam, B., & Sutarja, M. C. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Natural Science Educational Research, 6(3), 2654–4210. https://doi.org/10.21107/nser.v6i3.16517.

Muslim, S., & Dermawan, D. (2020). Studi Literatur Penerapan Mobile Game Edukasi untuk Mengetahui Performa Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal IT-EDU, 05(01), 85–95. https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i1.36458.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174–183. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525.

Nistrina, K. (2021). Penerapan augmented reality dalam media pembelajaran. J-SIKA| Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa, 3(01), 1-5. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/j-sika/article/view/527.

Resti, N., Ridwan, Palupy, R. T., & Riandi. (2024). Inovasi media pembelajaran menggunakan AR (Augmented Reality) pada materi sistem pencernaan. BIODIK, 10(2), 238–248. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.34022.

Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2022). Pengenalan bangun ruang menggunakan augmented reality sebagai media pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i4.142.

Saumi, F., Muliani, F., & Amalia, R. (2022). Pengembangan E-modul berbasis augmented reality dengan model Guided Discovery Learning pada materi vektor. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3850-3859. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6066.

Socrates, T. P., & Mufit, F. (2022). Efektivitas penerapan media pembelajaran Fisika berbasis augmented reality: Studi literatur. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 96–101. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i1.19219.

Suciliyana, Y., & Rahman, L. O. A. (2020). Augmented reality sebagai media pendidikan kesehatan untuk anak usia sekolah. Jurnal Surya Muda, 2(1), 39–53. https://doi.org/10.38102/jsm.v2i1.51.

Sulehu, M. (2023). Pengembangan game edukasi berbasis augmented reality sebagai media pembelajaran aksara Jepang. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2671-2685. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13328.

Suseno, N. (2014). Pemetaan Analogi Pada Konsep Abstrak Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v2i2.118.

Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech:Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343.

Yulianti, A., & Ekohariani. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis game edukasi menggunakan Aplikasi Construct 2 pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(1), 527–533. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38272.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.