Analisis Psikologi Sastra pada Novel Ayah, Ini Arahnya Kemana, Ya? Karya Khoirul Trian
Abstract
abstrak—Penelitian ini berjudul “Analisis Psikologi Sastra dalam Novel Ayah, Ini Arahnya ke Mana, Ya? Karya Khoirul Trian”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dua aspek utama: (1) unsur intrinsik yang membentuk struktur novel, dan (2) refleksi psikologi tokoh utama berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Analisis dilakukan melalui penelaahan teks terhadap unsur tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat, serta pengidentifikasian lima tahapan kebutuhan Maslow: fisiologis, keamanan, kasih sayang dan rasa memiliki, penghargaan diri, dan aktualisasi diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini secara kuat merefleksikan pergolakan batin seorang anak yang kehilangan figur ayah, dan bagaimana ia berjuang memenuhi kebutuhan psikologisnya secara bertahap. Ketidakhadiran sosok ayah menjadi pemicu dominan dalam konflik batin tokoh utama, yang kemudian membentuk perjalanan emosionalnya menuju penerimaan diri dan kedewasaan.
Abstract—This study is entitled “A Literary Psychological Analysis of the Novel Ayah, Ini Arahnya ke Mana, Ya? By Khoirul Trian”. The research aims to examine two main aspects: (1) the intrinsic elements that structure the novel, and (2) the psychological reflections of the main character through Abraham Maslow’s hierarchy of needs. This study employs a descriptive qualitative method with a literary psychology approach. The analysis focuses on identifying the intrinsic components—theme, characters, plot, setting, point of view, language style, and moral message—alongside the five stages of Maslow’s needs: physiological, safety, love and belonging, esteem, and self-actualization. The findings reveal that the novel strongly portrays the inner conflict of a child who has lost his father figure, and how he struggles to fulfill his psychological needs over time. The absence of a father becomes a dominant trigger in shaping the protagonist’s emotional development, leading him toward self-acceptance and emotional maturity.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azkiya, H., Tamrin, M., Yuza, A., & Madona, A. S. (2022). Pengembangan e-modul berbasis nilai-nilai pendidikan multikultural di sekolah dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409-427. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/10851
Baruadi, M. K., & Butolo, F. (2024). Telaah mental illness pada generasi millennial dalam novel Dan Hujan Pun Berhenti karya Farida Susanti: (Kajian sosiologi sastra Ian Watt). Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(3). https://ojs.co.id/1/index.php/jip/article/view/903
Barus, D. B., Nduru, H. Y., Sitompul, D. P. A., Sidebang, N. I., & Siahaan, P. R. A. (2024). Analisis nilai pendidikan dalam novel Ingkar karya Boy Candra di SMP Swasta Cenderamata Medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2401-2407. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/25908
Chamalah, E., & Nuryyati, R. (2023). Kepribadian anak dalam novel Sesuk karya Tere Liye: Analisis psikologi sastra Sigmund Freud. Jurnal Sastra Indonesia, 12(2), 138-147. https://journal.unnes.ac.id/sju/jsi/article/view/70585
Ekasari, A. W. (2021). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Mata di Tanah Melus bagi pendidikan karakter anak usia sekolah dasar (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). http://etheses.iainponorogo.ac.id/16510/1/REVISI%20SKRIPSI%20UP.pdf
Fauzi, S. E. H. P. P., Hawa, M., & Setiyono, J. (2022). Analisis psikologi sastra pada novel My Step Brother karya Niha Osh serta hubungannya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(1), 113-121. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/2637
Lutfiana, D., & Utomo, A. P. Y. (2022). Analisis prinsip kerja sama dalam dialog antartokoh pada novel Cahaya Palestine karya Vanny Cw. Jurnal Skripta, 8(2), 69-74. http://journal.upy.ac.id/index.php/skripta/article/view/2268
Rahayu, S., Kusyani, D., & Lubis, L. S. P. (2022). Sociological analysis of literature in the novel Negeri di Ujung Tanduk by Tere Liye. Lumbung Aksara, 1(1), 1-5. http://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/lumbung_aksara/article/view/286
Rohma, W. S. T., & Qur’ani, H. B. (2022). Kritik sosial dalam puisi “Berikan Aku Keadilan” karya Fitri Nganthi Wani dan relevansinya dalam pembelajaran sastra. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 11(2), 244-257. http://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/jentera/article/view/3361
Romadhianti, R., & Pramesti, R. D. (2023). Analisis kepribadian tokoh utama dalam film pendek Jagat Raya: Kajian psikologi sastra serta relevansinya sebagai alternatif bahan ajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2846-2855. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5651
Sahara, A. I., Rahmadani, A. A., Lubis, F., & Simanjuntak, E. E. (2021). Analisis novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye dalam pendekatan psikologi sastra. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 5(2), 187-197. https://jurnal.unigal.ac.id/literasi/article/view/5384
Simbolon, N. K. (2023). Analisis temperamen dalam film Kukira Kau Rumah kajian psikologi sastra. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 11446-11454. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/258
Utami, N. S., & Devi, W. S. (2023). Nilai persahabatan dalam novel Permintaan Terakhir karya Helda Tunkeme menggunakan pendekatan mimetik. Prosiding Samasta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/376-380
Waningyun, P. P., & Aqilah, S. F. (2022). Analisis psikologi sastra tokoh utama dan nilai pendidikan karakter dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(1), 25-34. https://journal.trunojoyo.ac.id/metalingua/article/view/14907
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.