Analisis Konflik Batin dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel 00:00-01:00 Karya Ameylia Falensia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik batin dan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel 00.00-01.00 karya Ameylia Falensia. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra, mengacu pada teori Sigmund Freud untuk analisis konflik batin dan teori Thomas Lickona untuk nilai pendidikan karakter. Data diperoleh melalui teknik baca dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama mengalami konflik batin yang memunculkan emosi seperti kecewa, bimbang, cemas, putus asa, marah, dan bahagia. Sementara itu, nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan meliputi religius, jujur, toleransi, mandiri, demokratis, cinta damai, peduli sosial, tanggung jawab, kerja keras, kreatif, dan gemar membaca.
Kata kunci—Konflik Batin, Nilai-nilai pendidikan karakter, Novel 00:00-01:00 Karya Ameylia Falensia
Abstract— This study aims to describe the inner conflict and character education values in the novel 00.00-01.00 by Ameylia Falensia. The study uses a qualitative descriptive method with a literary psychology approach, referring to Sigmund Freud's theory for the analysis of inner conflict and Thomas Lickona's theory for character education values. Data were obtained through reading and note-taking techniques. The results of the study indicate that the main character experiences an inner conflict that gives rise to emotions such as disappointment, hesitation, anxiety, despair, anger, and happiness. Meanwhile, the character education values found include religious, honest, tolerant, independent, democratic, peace-loving, socially aware, responsible, hard working, creative, and fond of reading.
Keywords— Inner Conflict, Character education values, Novel 00:00-01:00 by Ameylia Falensia
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adrean, A. (2017). Analisis konflik tokoh utama dalam novel Terusir karya Hamka menggunakan kajian psikologi sastra. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9). https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i9.21962.
Chamalah, E., & Nuryyati, R. (2023). Kepribadian Anak dalam Novel Sesuk Karya Tere Liye: Analisis Psikologi Sastra Sigmund Freud. Jurnal Sastra Indonesia, 12(2), 138-147.
Mujahid, I. (2021). Islamic orthodoxy-based character education: creating moderate
Muslim in a modern pesantren in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), 185–212. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.185-212.
Nurbaya, N., Nur, Y., & Lembah, G. (2020). Konflik batin tokoh utama novel Tanpa Kata karya Endry Boeriswati: Pendekatan konflik Kurt Lewin. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 102—117. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/15690.
Nurjam'an, M. I., dkk. (2023). Analisis Psikologi Sastra dalam Novel Paradigma Karya Syahid Muhammad Sebagai Pengembangan Bahasa Ajar dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), 105-112.
Oktavia, E., Sanjaya, M. D., & Sanjaya, M. R. (2023). Analisis Psikologis dalam Novel “Menantimu di Ujung Rindu (Mengapa Allah Memilihkan Dia Untukku)” Karya Riri Abdillah. Jurnal Bindo Sastra, 7(1), 1-6.
Raihan, M., Mahesa, S. F., & Santoso, G. (2022). Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) Telaah Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra). 01(03), 108–117.
Rondiyah, A. A. (2017). Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Kebangsaan di Era Mea (Masyarakat Ekonomi Asean). The Lst Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 1(1), 141-147.
Sahara, A. I., dkk. (2021). Analisis Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye dalam Pendekatan Psikologi Sastra. Jurnal Literasi, 5(2), 187-197.
Sanjaya, M. D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra dan Relevansinya sebagai Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Ilmiah
Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Mustika. (2021). Kumpulan Cerpen Keluarga Ku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi dan Relevansinya terhadap
Suaida, W., Sugono, D., & Sumarto, S. T. (2023). Analisis Struktur Kepribadian dan Faktor Psikologis Tokoh dalam Novel Assalamualaikum Calon Imam Karya Ima Madaniah (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(3), 241-250.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.