Analisis Psikologi pada Novel Tanah Bangsawan Karya Filiananur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai psikologi dalam novel Tanah Bangsawan karya Filiananur. Novel ini menceritakan masa penjajahan di Hindia-Belanda pada tahun 1798. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik baca dan catat untuk mengidentifikasi kutipan yang relevan dengan nilai psikologi. Pendekatan yang digunakan yakni psikologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Tanah Bangsawan menggambarkan nilai psikologi seperti pertentangan batin, dinamika cinta, perkembangan karakter, serta pencarian jati diri. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kajian sastra, serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya.
Kata kunci—Psikologi, Novel, Tanah Bangsawan
Abstract—This study aims to analyze the psychological values in the novel Tanah Bangsawan by Filiananur. This novel tells the story of the colonial period in the Dutch East Indies in 1798. The study was conducted using a qualitative descriptive method with reading and note-taking techniques to identify quotes that are relevant to psychological values. The approach used is literary psychology. The results of the study show that the novel Tanah Bangsawan describes psychological values such as inner conflict, the dynamics of love, character development, and the search for identity. This study is expected to contribute to literary studies, as well as being a reference for further research.
Keywords— Psychology, Novel, Tanah Bangsawan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, A. N., & Puspitoningrum, E. (2022). Analisis Aspek Struktural dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 6(2), 94-99. Doi: https://doi.org/10.29407/jbsp.v6i2.19198.
Ananda, I., & Rakhmawati, A. (2022). Pembelajaran sastra populer sebagai peningkatan literasi digital dengan penggunaan media aplikasi Wattpad: Studi kasus. Research in Education and Technology (REGY), 1(1), 36-45. Doi: https://doi.org/10.62590/regy.v1i1.6.
Aprilia, A., & Zulfadhli, Z. (2022). Tinjauan psikologi sastra: kepribadian tokoh utama dalam Naskah Drama Pelacur dan Sang Presiden karya Ratna Sarumpaet. Persona: Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 77-89. Doi: https://doi.org/10.24036/jpers.v1i1.13.
Astuti, E. W., & Rouzi, K. S. (2022). Nilai–Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Doraemon Serta Relevansinya dengan Psikologi Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1(1), 9-25. Doi: http://dx.doi.org/10.21927/ijeeti.2022.1(1).9-25.
Ate, C. P., & Lawa, S. T. N. (2022). Analisis Unsur Intrinsik Novel Ayah Karya Andrea Hirata. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 1(1), 33-40. Doi: https://ojs.cbn.ac.id/index.php/hinef/issue/view/18.
Citra, M. A. W. (2020). Aspek Psikologi dan Nilai Moral Tokoh Utama dalam Novel “Anak Rantau” Karya Ahmad Fuadi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(01), 62-68. Doi: http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v2i01.6664.
Drajat, A. A., & Anggradinata, L. P. (2021). Relasi antara metafora percintaan periode pascaperang dengan karya sastra realisme romantik dalam karya Nikolai Gribachov dan Utuy Tatang Sontani. Media Bahasa, Sastra, dan Budaya Wahana, 27(2), 605-611. Doi: https://doi.org/10.33751/wahana.v27i2.4549.
Janah, I. A. F. N., & Septiana, H. (2022). Representasi Perlawanan Perempuan terhadap Ketidakadilan Gender dalam Kumpulan Cerpen Prosa di Rumah Aja: Kajian Feminisme Sosialis. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 55-84. Doi: https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.9.
Juidah, I., Nasihin, A., & Reza, A. (2022). Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata: Kajian Psikologi Sastra Alfred Adler. GERAM: Gerakan Aktif Menulis, 10(1), 93-99. Doi: https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(1).8504.
Lestari, R. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Kuliah Menulis Karya Sastra Berbantuan Youtube. Semantik, 10(1), 55-64. Doi: https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p%25p.
Lubis, F. W. (2020). ANALISIS ANDROGINI PADA NOVEL †œAMELIA†KARYA TERE-LIYE. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 1-6. Doi: https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.256.
Lumbanraja, T., Nurachmana, A., Cuesdeyeni, P., Usop, L. S., & Lestariningtyas, S. R. (2023, April). Analisis Aspek Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Trauma Karya Boy Candra, Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 194-203). Doi: https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.230.
Mamonto, F. M., Lensun, S. F., & Aror, S. C. (2021). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Novel Izana Karya Daruma Matsuura. SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214-224. Doi: https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641.
Missi, M., & Rosmiati, A. (2022). Analisis unsur ekstrinsik novel selimut mimpi karya r. Adrelas sebagai media pembelajaran sastra. Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 34-49. Doi. https://doi.org/10.55606/tuwahpande.v1i1.8.
Nurkaif, N., & Astuti, D. (2021). Hubungan Kemampuan Membaca Telaah dengan Keterampilan Merensensi Prosa Baru Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4816-4823. Doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1686.
Rosid, A. (2021). Nilai-nilai dalam sastra anak sebagai sarana pembentukan karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 7-10. Doi: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10508.
Sukowati, I., & Ihsan, B. (2022). Dampak Kearifan Lingkungan Berdasarkan Kajian Ecocriticism Dalam Novel Serial Anak-Anak Mamak Karya Tere Liye. Jurnal Metamorfosa, 10(2), 22-31. Doi: https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i2.1857.
Susiati, S., Tenriawali, A. Y., Nursin, N., Nacikit, J., & Mukadar, S. (2020). Nilai Edukasi dalam Novel Partikel Karya Dewi Lestari:(The Value of Education in Particle Novels by Dewi Lestari). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(3), 176-183. Doi: https://doi.org/10.47323/ujss.v1i3.46
Trianda, Y., & Krismayani, I. (2022). Literasi Informasi Relasional Penulis Karya Fiksi dalam Proses Kepenulisan Karya Fiksinya: Sebuah Kajian Systematic Literature Review pada Database Tandofline. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 6(2), 189-204. Doi: https://doi.org/10.14710/anuva.6.2.189-204.
Turama, A. R., & Mul, S. R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Prosa Fiksi. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran, 8(1), 78-85. Doi: https://doi.org/10.36706/logat.v8i1.51.
Zarawaki, N. M. (2022). Menelaah kesusastraan dan karya sastra Dinasti Abbasiyah. Kulturistik: Jurnal Ilmu Bahasa dan Budaya, 6(1), 64-71. Doi: https://doi.org/10.22225/kulturistik.6.1.3783.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.