Analisis Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel 3726 Mdpl Karya Nurwina Sari

Zumroatun Zumroatun, Abdul Ghoni Asror, Moh. Fuadul Matin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepribadian tokoh utama serta mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel 3726 Mdpl karya Nurwina Sari. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Data dikumpulkan melalui pembacaan intensif, anotasi, dan klasifikasi dialog, deskripsi naratif, serta tindakan tokoh protagonis sepanjang novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama memiliki kepribadian yang kompleks dan dinamis. Selain itu, novel ini memuat berbagai nilai pendidikan karakter yang tercermin dari pengalaman protagonis dalam menghadapi tantangan dan proses perkembangan diri. Dengan demikian, 3726 Mdpl tidak hanya menyajikan narasi yang menginspirasi, tetapi juga berperan sebagai media efektif dalam pembentukan pendidikan karakter, khususnya bagi pembaca muda.

Kata kunci—kepribadian tokoh utama, pendidikan karakter, novel 3726 Mdpl

 

Abstract This study aims to examine the personality of the main character and to identify the character education values embedded within the novel 3726 Mdpl by Nurwina Sari. “Employing a qualitative descriptive methodology with a literary psychology approach, data were gathered through intensive reading, annotation, and classification of the protagonist’s dialogues, narrative descriptions, and actions throughout the novel. The findings reveal that the main character possesses a complex and dynamic personality. Furthermore, the novel encapsulates various character education values reflected in the protagonist’s experiences of confronting challenges and undergoing personal development. Therefore, 3726 Mdpl not only delivers an inspiring narrative but also functions as an effective medium for fostering character education, particularly among young readers.

Keywords— main character personality, character education, novel 3726 Mdpl


Keywords


main character personality, character education, novel 3726 Mdpl

Full Text:

PDF

References


Ate, C. P., & Lawa, S. T. N. (2022). Analisis Unsur Intrinsik Novel Ayah Karya Andrea Hirata. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 1(1), 33-40. Doi; https://doi.org/10.37792/hinef.v1i1.390.

Bari, A., & Hidayat, R. (2022). Teori Hirarki Kebutuhan Maslow Terhadap Keputusan Pembelian Merek Gadget. Motivasi, 7(1), 8-14. Doi; https://doi.org/10.32502/mti.v7i1.4303.

Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama). Doi; https://doi.org/10.31219/osf.io/bp6eh.

Parapat, L. H., Huda. R., Harahap, E. M., Lubis, K. (2022). Buku Ajar Menulis & Berbicara Produktif. Medan, Indonesia; CV. Azka Pustaka.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/89633233/427-49-1964-1-10-20210809-libre.pdf?1660485899=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPentingnya_Penerapan_Literature_Review_p.pdf&Expires=1738290049&Signature=YBgzX9EhfLq8wuRcvSIcZhQqRjacaDBTXq4sPLoiR0h5zJzgNkBM2oPFoEz8DCMSmPfVKFZb2Q59f~8Bp8MvcXCo7LjW2ZCdp3uIS6zqQfnOTfNA54jKoj~sETwRBK9XmeSLyxFAFyIEpTsGg-Hn5QJ1CeCBjE2HDzMtRfvD7izaXcPoueTvrff1q3XQ6Pb94woc0Y8K--UiGnLJdwsYbzUzvO3zrBEvaVa5iPpw38YmjSZjNXJqMxHY1gqnVDGVk35aNv1WU269rFiFL~xMREXrsjLkeuyJTqBLZdTnWhoX-c4pBjN46gfWHVkedNZ0S~Hre6EOcyrPKWt8ltB56A__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA.

Rostanawa, G. (2019). Hirarki Kebutuhan Tokoh Utama dalam Novel Pulang dan Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow). ELite Journal: International Journal of Education, Language, and Literature, 1(2). Doi: https://doi.org/10.26740/elitejournal.v1n2.p%25p

Saragih, A. K., Manik, N. S., & Samosir, R. R. Y. B. (2021). Hubungan Imanjinasi dengan Karya Sastra Novel. Asas: Jurnal Sastra. 10(2). 100-110. Retrievd from https://scholar.google.com/scholar?q=related:mAZi-4hbpaQJ:scholar.google.com/&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1736054320203&u=%23p%3DmAZi-4hbpaQJ.

Simaremare, J., Santoso, G., Rantina, M., & Asbari, M. (2023). Sastra Menjadi Pedoman Sehari-hari Telaah Singkat Karya Sastra Menurut Para Ahli. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(3), 57-60. Doi: https://doi.org/10.9000/jpt.v2i3.238.

Sugiarto, S. & Andala, E. F. (2022). PROSA (Dari Teori, Rancangan, Hingga Penulisan Artikel Ilmiah). Malang, Indonesia; Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17–27. Retrieved from https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/4.

Wijaya, D. (2019). Nilai pendidikan karakter dalam Film Hayya. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 72-77). Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10278.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.