Fenomena Bilingualisme pada Alih Kode dan Campur Kode serta Nilai-Nilai Pendidikan Krakter dalam Film Sekawan Limo Karya Bayu Skak
Abstract
abstrak—Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan (1) Bentuk alih kode dan campur kode pada film Sekawan Limo. (2) Bagaimana faktor-faktor terjadinya alih kode dan campur kode pada film Sekawan Limo (3) Apa saja nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam film Sekawan Limo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subyek penelitian ini adalah pada film Sekawan Limo. Film Sekawan Limo merupakan film karya Bayu skak yang tayang pada tahun 2023, menceritakan tentang pendakian Bagas, Lenni, Dicky, Andrew, dan Juna di Gunung Madyopuro pada saat malam satu suro dan saat pendakian tersebut banyak gangguan dari makhluk halus. Objek penelitian ini yaitu alih kode dan campur kode dalam dialog film Sekawan Limo. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah berupa kata atau kalimat tertulis. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simak dan catat. Data yang diperoleh, selanjutnya diklasifikasi sesuai dengan kategori. Data tersebut kemudian dianalisis bentuk serta faktor penyebab terjadinya Alih kode dan campur kode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat 26 data Alih kode internal, 3 data Alih kode eksternal, 82 data Campur kode internal, 38 data Campur kode eksternal, dan 8 data nilai-nilai pendidikan karakter yang dengan 29 dialog. (2) Faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode, faktor yang mempengaruhi terjadinya alih kode diantara lain faktor penutur, faktor lawan bicara, faktor hadirnya orang ketiga, berubahnya topik pembahasan, dan selera humor yang sama. Selanjutnya faktor terjadinya campur kode adalah bahasa keseharian dari penutur, Faktor rasa ingin tahu, dan sekedar gengsi. (3) Nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam film sekawan limo meliputi religius, dispilin, tanggung jawab, toleransi, peduli sosial, gemar membawa, cinta damai, rasa ingin tahu.
Kata kunci—Film Sekawan Limo, Alih Kode dan Campur Kode, Nilai Karakter
Abstract— The purpose of this study is to describe (1) the form of code switching and code mixing in the Sekawan Limo film. (2) What are the factors that cause code switching and code mixing in the Sekawan Limo film? (3) What are the educational values contained in the Sekawan Limo film. This study is a qualitative descriptive study, the subject of this study is the Sekawan Limo film. The Sekawan Limo film is a film by Bayu Skak which was released in 2023, telling the story of Bagas, Lenni, Dicky, Andrew, and Juna's climb on Mount Madyopuro on the night of Suro and during the climb there were many disturbances from spirits. The object of this study is code switching and code mixing in the dialogue of the Sekawan Limo film. The data produced in this study are in the form of written words or sentences. The technique used in this study is to use the listening and note-taking technique. The data obtained is then classified according to category. The data is then analyzed for the form and factors causing code switching and code mixing. The results of the study show that (1) There are 26 data of Internal Code Switching, 3 data of External Code Switching, 82 data of Internal Code Mixing, 38 data of External Code Mixing, and 8 data of character education values with 29 dialogues. (2) Factors causing code switching and code mixing, factors that influence the occurrence of code switching include speaker factors, interlocutor factors, the presence of a third person, changing discussion topics, and the same sense of humor. Furthermore, factors that cause code mixing are the speaker's everyday language, curiosity factors, and simply prestige. (3) The values of character education in the film Sekawan Limo include religious, disciplined, responsible, tolerant, socially aware, fond of carrying, love of peace, curiosity.
Keywords— Sekawan Limo Movie, Code Switching and Code Mixing, Character Values
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akip, M., Mastiah, M., & Siti, S. (2024). Analisis Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i1.18.
Amriyah, N., & Isnaini, H. (2024). Campur Kode Sudjiwo Tedjo dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club TvOne Episode Setahun Jokowi-Maruf: Dari Pandemi Sampai Demokrasi. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 93-103. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3146.
Andayani, S. (2019). Penyebab Alih Kodedan Campur Kode dalam Peristiwa Tutur Mahasiswa Jepang di Indonesia. Ayumi: Jurnal Budaya, Bahasa dan Sastra, 6(1), 1–22. https://doi.org/10.25139/ayumi.v6i1.1279.
Aryani, N. (2020). Alih Kode dan Campur Kode Guru-Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 10(1), 25-33. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v10i1.4474.
Azizah, A. N. I., Fitriyani, A. H. D., Pramiswari, A. D., Yulistiana, A. K., Abdillah, A., Ningrum, D. N. S. P., ... & Fauziyah, Z. (2024). Peranan Seni Drama Membangun Kreativitas Anak Usia Dini. Penerbit Tahta Media.
Bayuwestra, P. (2024). Analisis Karakteristik dan Eksplorasi Genre pada Film-Film Mumblecore (2002-2010). Sense: Journal of Film and Television Studies, 7(2), 101-112. https://doi.org/10.24821/sense.v7i2.14024.
Farijanti, dkk. 2024. Buku ajar Pengantar Linguistik. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Hamid, R. (2024). Dinamika Homonim, Homofon, dan Homograf dalam percakapan sehari-hari. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 871-886. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3390.
Hidayat, Y. 2021. Kajian Psikologi Sastra Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Jawa Tengah: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia (YLGI).
Khoiriyah, A. M. Huda A. N. & Az-Zahra, M. (2024). Analisis Naskah Drama "La Tagdhob" Karya Azis W. Adhirawa dengan Menggunakan Pendekatan Struktural. 2(2). https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.844.
Mahsun. (2019). Metode Penelitian Bahasa.Depok: RajagraFindo Persada.
Munandar, A. (2018). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Masyarakat Terminal Mallengkeri Kota Makassar. 6–7.
Naitboho, O. D., Suratni, N. W., & Haryati, N. M. (2022). Pembelajaran drama monolog dengan cerita legenda danau toba menggunakan metode role playing di sd inpres tubuhu’e, kabupaten timor tengah selatan. PENSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 2(1), 79-89. https://doi.org/10.59997/pensi.v2i1.1715.
Nirwan, dkk. (2023). Bahasa Dan Budaya. Bali: Penerbit Intelektual Manifes Media.
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826-833. https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272.
Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39-54. http://dx.doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480.
Rindiani, M., Missriani, M., & Effendi, D. (2022). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bindo Sastra, 6(2), 97-104. https://doi.org/10.32502/jbs.v6i2.4625.
Rustamana, A., Rohmah, N., Natasya, PF, & Raihan, R. (2024). Konsep proposal penelitian dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sindoro: Sarjana Pendidikan, 5 (5), 71-80. https://doi.org/10.9644/sindoro.v5i5.4120.
Saputra, N. 2020. Ekranisasi Karya Sastra dan Pembelajarannya. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Sarosa, S. 2021. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Kanisus.
Simatupang, J., Siahaan, PD, Simorangkir, S., & Sari, Y. (2024). Bilingualisme dalam Novel Kenanga karya Oka Rusmini. Inovatif: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 4 (6), 6698-6707. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.15693.
Sukmana, AA, Wardarita, R., & Ardiansyah, A. (2021). Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode Dalam Tayangan Matanajwa di Stasiun Televisi Trans7. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5 (1), 206-221. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.5872.
Sukmawaty, S., Firman, F., Fatimah, T., Mirnawati, M., Rustan, E., & Guntur, M. (2024). Bilingualisme Anak Sekolah Dasar dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV. Nuansa Bahasa Indonesia, 5 (1), 1-10. https://doi.org/10.51817/nila.v5i1.747.
Susanto, H., & Sunarsih, E. (2020). Analisis Bentuk, Jenis, Faktor Terjadinya Alih Kode Antara Penjual dan Pembeli di Pasar Kuala Singkawang. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(2), (179-188). Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/bahasa/article/view/1985/0.
Waruwu, dkk. 2024. Komunikasi dan Seni Sastra. Bali: Penerbit Intelektual Manifer Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.