Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel My Way of Thinking Karya Wijiati Lestari berdasarkan Teori Stephen Covey dan Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Febriana Ulfatin Khoiriyah, Masnuatul Hawa, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel My Way of Thinking karya Wijiati Lestari berdasarkan teori The 7 Habits of Highly Effective People yang dikembangkan oleh Stephen R. Covey, serta relevansinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, pembacaan intensif, dan pencatatan kutipan teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh kebiasaan efektif—bersikap proaktif, memulai dengan tujuan akhir, mendahulukan yang utama, berpikir menang-menang, berusaha memahami terlebih dahulu, bersinergi, dan memperbarui diri—tergambarkan secara jelas melalui sikap dan perilaku tokoh utama. Nilai-nilai karakter tersebut relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, khususnya dalam pengembangan keterampilan berbahasa dan pembentukan kepribadian siswa. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam proses pembelajaran, siswa diharapkan tidak hanya menjadi pembelajar yang kompeten secara akademik, tetapi juga individu yang berkarakter kuat dan positif dalam kehidupan sosialnya.

Kata Kunci: pendidikan karakter, novel, Stephen Covey, 7 Habits, pembelajaran Bahasa Indonesia

 

Abstract—This study aimed to analyze the values of character education in the novel *My Way of Thinking* by Wijiati Lestari based on the theory *The 7 Habits of Highly Effective People* developed by Stephen R. Covey, as well as its relevance to Indonesian language learning at the senior high school level. The research method used was a descriptive qualitative approach with data collection techniques including documentation, intensive reading, and note-taking of text quotations. The results of the study showed that the seven effective habits—being proactive, beginning with the end in mind, putting first things first, thinking win-win, seeking first to understand, synergizing, and sharpening the saw—were clearly reflected through the attitudes and behaviors of the main character. These character values were relevant to be applied in Indonesian language learning in senior high schools, particularly in developing language skills and shaping students' personalities. By integrating character values into the learning process, students were expected not only to become academically competent learners but also individuals with strong and positive character in their social lives.

Keywords: character education, novel, Stephen Covey, 7 Habits, Indonesian language learning.


Keywords


character education, novel, Stephen Covey, 7 Habits, Indonesian language learning.

Full Text:

PDF

References


Ainissyifa, J. (2022). Pendidikan karakter dalam keluarga dan sekolah. Pustaka Pendidikan.

Covey, S. R. (1989). The 7 habits of highly effective people. Free Press.

Hasan, J. (2021). Filsafat pendidikan: Teori dan aplikasinya. Alfabeta.

Lustyantie, M. (2021). Estetika dan nilai dalam sastra. Universitas Negeri Jakarta Press.

Oktarina, K. (2020). Pengantar kajian sastra modern. Media Literasi Nusantara.

Pradana, B. (2021). Sastra dan pendidikan karakter: Telaah terhadap nilai moral dalam karya fiksi. Literasi Nusantara.

Ramadhani, D. (2017). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, K. (2021). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasinya di sekolah. Rajawali Pers.

Tutuk, M. (2022). Strategi pendidikan karakter anak usia dini. Pena Persada.

Wahyuddin. (2021). Interaksi sosial dalam pendidikan: Perspektif sosiologis. Pustaka Pelajar.

Wijaya, Y. (2021). Metode pembelajaran nilai moral pada anak. Edupress.

Yusuf, N. (2021). Pendidikan sebagai warisan budaya. Gramedia Ilmu.

Wijiati, L. (2024). My way of thinking. UMSU Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.