Analisis Keterampilan Menulis Cerita Fiksi menggunakan Model Creative Writing pada Siswa Kelas VIII SMP Plus NU An-Nurhadi Kedungtuban Tahun Ajaran 2024/2025

Evi Nabila Romadhon, Masnuatul Hawa, Joko Setiyono

Abstract


 

Abstrak—Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi yang digunakan untuk interaksi antar sesama dengan melambangkan hasil alat ucap manusia. Kemampuan dalam berbahasa memiliki empat elemen atau komponen inti yaitu kemampuan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Pada pembelajaran juga dapat dikembangkan melalui keterampilan menulis. Keterampilan menulis adalah kemampuan yang dapat dilakukan siswa untuk mengolah kata secara kompleks dengan cara membaca untuk memperoleh pengetahuan atau ide yang akan ditulis. Pembelajaran juga dapat digunakan berbagai model salah satunya adalah creative writing. Creative Writing adalah penulisan yang ditulis oleh penulis sesuai dengan imajinasi dan kreativitas untuk menghasilkan teks yang diinginkan. Teks yang digunakan adalah cerita fiksi. Cerita fiksi merupakan cerita yang dibuat sesuai dengan imajinasi, bukan berdasarkan kenyataan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang memiliki sifat deskriptif yang memberikan gambaran serta pemahaman dengan jelas terhadap topik yang akan diteliti dengan menemukan fakta-fakta pada proses penelitian. Penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif merupakan suatu penelitian didalamnya berisi data deskriptif berupa gambar atau kata untuk dianalisis. Data dianalisis dengan mengumpulkan data lapangan seperti, foto, video, wawancara maupun catatan. Dalam validasi data peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian ini dapat mengembangkan keterampilan menulis cerita fiksi menggunakan model creative writing pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Kata kunci—Keterampilan Menulis, Cerita Fiksi, Creative Writing, Siswa SMP

 

 

Abstract—Indonesian is a communication tool used for interaction between people by symbolizing the results of human speech organs. In language skills, there are There are four key elements: the abilities to listen, speak, read, and write. In learning, it can also be developed through writing skills. Writing skills are the ability that students can do to process words in a complex way by reading to obtain knowledge or ideas that will be written. Learning can also use various models, one of which is creative writing. Creative Writing is writing written by the author according to imagination and creativity to produce the desired text. The text used is a fictional story. A fictional story is a story that is made according to imagination, not based on reality. This research is a qualitative research. Qualitative research is a descriptive research by providing a clear picture and understanding of the topic to be studied by finding facts in the research process. This qualitative research is descriptive qualitative. Qualitative descriptive is a study that contains descriptive data in the form of words or images to be analyzed. Data is analyzed by collecting field data such as photos, videos, interviews or notes. In data validation, researchers use data triangulation techniques. This research can develop fictional story writing skills using the creative writing model in Indonesian language learning.

Keywords—Writing Skills, Fiction Stories, Creative Writing, Junior High School Student.


Keywords


Writing Skills, Fiction Stories, Creative Writing, Junior High School Student.

Full Text:

PDF

References


Aprilia, F., Neisya, N., & Aulia, A. Y. (2024). Destination brand awareness: Penerapan creative writing di era digital. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Bina Darma, 4(1), 15-24. Retrieved from: https://journal.binadarma.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/2836

Argiandini, S. R. (2019). Keterampilan menulis resensi. Retrieved from: https://osf.io/preprints/inarxiv/u26dz/

Budiyono, H. (2012). Pembelajaran keterampilan menulis berbasis proses menulis dan teori pemerolehan bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1). Retrieved from: https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1438

Cahyani, R., Suwandi, S., & Suryanto, E. (2017). Peningkatan kemampuan menulis teks cerita fiksi berdasarkan novel melalui penerapan model discovery learning. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 5(1), 241-261. Retrieved from: https://core.ac.uk/download/pdf/289787209.pdf

Devianty, R. (2017). Peran bahasa Indonesia dan bahasa daerah dalam pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79-101. Retrieved from: http://repository.uinsu.ac.id/6360/

Gunawan, H. M., & Aziz, R. (2018). Mengapa kepercayaan diri mempengaruhi kemampuan menulis kreatif siswa?. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 15(2), 7-11. Retrieved from: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko/article/view/6738

Kurnia, M. D., Permanaputri, D., & Rasyad, S. (2022). Pelatihan menulis cerita anak pada siswa SDN Sadagori Cirebon upaya kembangkan kreativitas di masa pandemi. Jurnal Berdaya Mandiri, 4(1), 886-897 Retrieved from: http://journal.upy.ac.id/index.php/lppm/article/view/1781

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran keterampilan menulis (Maharah Al-Kitabah) dalam bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34. Retrieved from: https://journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/loghat/article/view/15

Nasution, A. F. (2023). Metode penelitian kualitatif. Retrieved from: http://repository.uinsu.ac.id/19091/1/buku%20metode%20penelitian%20kualitatif.Abdul%20Fattah.pdf

Nurhasanah, N. (2017). Peranan bahasa sebagai mata pelajaran wajib di Indonesia. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 87-93. Retrieved from: https://www.academia.edu/download/83638519/1644.pdf

Nurmina, N. (2014). Menulis kreatif cerita fiksi anak. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 1(2). Retrieved feom: http://www.jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/145

Rahman, A. (2016). Pengaruh bahasa daerah terhadap hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas I SD Inpres Maki Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur. Alaudin: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 71-79. Retrieved from: https://core.ac.uk/download/pdf/234746357.pdf

Rinawati, A. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya). Retrieved from: https://repository.um-surabaya.ac.id/8621/

Sari, B. P. (2015). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja terhadap bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 10(24), 171-176). Retrieved from: https://www.academia.edu/download/56114595/pengaruh_bahasa_gaul_.pdf

Sari, N. I., & Septiani, E. (2020). Meningkatkan kemampuan membaca efektif dan menulis kreatif pada siswa SMA di Jakarta. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 149-154. Retrieved from: https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JTA/article/view/5568

Suleman, J., & Islamiyah, E. P. N. (2018). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja terhadap bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 2(2). Retrieved from: http://simkatmawa.kemdikbud.go.id/v3/assets/upload/foto_non_lomba_061016_1560700829043189100.pdf

Supriadi, S., Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa. YUME: Journal of Management, 3(3), 84-94. Retrieved from: https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/828

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(2), 83-91. Retrieved from: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/quanta/article/view/1641


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.