Analisis Tindak Tutur Ilokusi dan Perlokusi dalam Interaksi Guru dan Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX MTs Al-Falah Cangaan Kanor Bojonegoro Tahun Ajaran 2024/2025

Naily Asna Fadlila, Muhammad Sholehhudin, Syahrul Udin

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk tindak tutur ilokusi dan perlokusi yang muncul dalam interaksi antara guru dan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX MTs Al-Falah Cangaan Kanor Bojonegoro Tahun Ajaran 2024/2025. Bahasa sebagai alat komunikasi memiliki peran penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran yang di mana interaksi yang efektif antara guru dan siswa menjadi penentu keberhasilan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis difokuskan pada klasifikasi jenis tindak tutur ilokusi seperti asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif serta dampak perlokusi yang ditimbulkan dari tuturan-tuturan tersebut. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi guru dan siswa di kelas menghasilkan berbagai bentuk tindak tutur yang beragam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan studi pragmatik serta memperkaya pemahaman mengenai strategi komunikasi dalam konteks pembelajaran.

Kata kunci—ilokusi, perlokusi, interaksi

 

 

Abstract—This study aims to analyze the forms of illocutionary and perlocutionary speech acts that emerge in the interaction between teachers and students during Indonesian language instruction in Grade IX at MTs Al-Falah Cangaan Kanor, Bojonegoro, in the 2024/2025 academic year. Language, as a communication tool, plays a crucial role in supporting the success of the learning process, where effective interaction between teachers and students is a key factor. This research employs a descriptive qualitative approach with data collection methods including observation, interviews, and documentation. The analysis focuses on classifying illocutionary acts such as assertives, directives, commissives, expressives, and declaratives and the perlocutionary effects resulting from those utterances. This study is expected to contribute to the development of pragmatic studies and enrich the understanding of communication strategies in educational contexts.

Keywords—illocution, perlocution, interaction


Keywords


illocution, perlocution, interaction

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, S. R., Karim, D. A., & Fitria, S. (2024). Peran dan fungsi bahasa sebagai komponen utama dalam komunikasi bisnis. Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Ekonomi, 2(1), 53-59. Doi https://doi.org/10.62495/jpime.v2i1.15

Ahmadi, W. (2024). Pengaruh bahasa Indonesia dan bahasa gaul kalangan remaja di perumahan Sukaraya. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 5(1), 124-131. Doi https://doi.org/10.36312/jcm.v5i1.2595

Al Farizi, M. A., Azizah, H. R. N., Putri, S. A., Linawati, A., & Utomo, A. P. Y. (2023). Analisis tindak tutur representatif pada daftar putar “Mku Bahasa Indonesia” dalam channel Rahmat Petuguran. Pena Literasi, 6(1), 40-53. Doi https://doi.org/10.24853/pl.6.1.40-53

Artarini, H., & Putri, F. A. A. (2024). Komunikasi organisasi berbasis media sosial WhatsApp dalam meningkatkan kualitas pelayanan pengurus RW 011 Grand Orchard Kelurahan Sukapura. Journal Communication Lens, 4(1). https://jurnal.uic.ac.id/Lens/article/view/208.

Dewi, L. M., Rosalina, S., & Hartati, D. (2024). Analisis fungsi tindak tutur ilokusi dalam animasi Si Nopal. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(3). Doi http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i3.12735

Fadlila, N. A., & Setiyono, J. (2023, November). Implementasi authentic assessment dalam pembelajaran bahasa Indonesia serta pengaruh minat belajar pada siswa MTs Al-Falah. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 337-343). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1691.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10. Doi https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Mailawati, M. (2023). Analisis fungsi tindak tutur direktif dalam konteks bayar sewa. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 289-302. Doi https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.601

Waskito, A. T., Hapsari, D. S. M., Desfiona, E., Kusumawati, S., Aulia, R. R., Utomo, A. P. Y., & Nurnaningsih, N. (2024). analisis tindak tutur lokusi dalam siaran langsung TikTok Anies Baswedan “Menyapa Masyarakat Lewat Media Sosial TikTok” Januari 2024. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 2(4), 01-30. Doi https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i4.1165


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.