Implementasi Authentic Assessment dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia serta Pengaruh Minat Belajar pada Siswa MTs Al-Falah

Naily Asna Fadlila, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Penelitian ini merupakan sebuah sarana pengumpulan informasi serta data guna mengetahui indeks pencapaian pembelajaran siswa dalam penerapan sistem penilaian auentik mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa/siswi MTs Al-Falah. Di samping itu, penelitian ini juga membahas tentang pengaruh minat belajar siswa jika sistem pembelarjaran menerapkan penilaian autentik. Karena secara global penilaian autentik memiliki sifat yang sedikit rumit dibandingkan penilaian-penilaian yang lainnya, akan tetapi penilaian autentik sendiri juga sangat bermanfaat bagi sebagian besar siswa karena dilatih untuk menerapkan suatu hal dalam dunia nyata sehingga dapat menunjang kehidupannya setelah menerapkan kemampuannya saat berada di bangku sekolah.

Kata kunci—Authentic Assessment, Bahasa Indonesia, Minat Belajar

 

Abstract— This research is a means of collecting information and data to find out the index of student achievement in applying an authentic assessment system for Indonesian subjects to students at MTs Al-Falah. In addition, this study also discusses the influence of students' interest in learning if the learning system applies authentic assessment. Because globally authentic assessment has a slightly complicated nature compared to other assessments, but authentic assessment itself is also very useful for most students because they are trained to apply things in the real world so that they can support their lives after applying their abilities while at school.

Keywords—Authentic Assessment, Indonesian Laguage, Interest to Learn


Keywords


Authentic Assessment, Indonesian Laguage, Interest to Learn

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. (2017). Penerapan permainan bahasa (Katarsis) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas Iva SD Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75-83. Doi https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024.

Akbari, M. (2022). Implementasi model-model pembelajaran oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMA se-kota Langsa. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra, 5(2), 39-44. Doi https://ejurnalunsam.id/index.php/jors.

Farhurohman, O. (2017). Implementasi pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34. Doi https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412.

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. Doi https://doi.org/10.58230/27454312.2.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Nur Awalliyah, F., Sihabudin, A. A., & Yuliani, D. (2022). Implementasi program pengembangan destinasi pariwisata oleh badan promosi pariwisata daerah Kabupaten Ciamis. Doi http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1125.

Nurgiyantoro, B. (2011). Model penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa. Litera, 10(2), 114-125. Doi https://doi.org/10.21831/ltr.v10i2.1157.

Santi, N. (2023). Menulis cerpen menggunakan model pembelajaran sinetik upaya meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis pada siswa kelas IX-B SMP Negeri 143 Jakarta tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Ki Hajar Dewantara, 2(1), 38-53. Doi https://jurnal.kihajardewantara.com/index.php/khd/article/view/32.

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 2(1), 111-123. Doi https://doi.org/10.26740/paramasastra.v2n1.p%25p.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.