Manfaat Gizi Seimbang untuk Mencegah Anemia pada Remaja Putri
Abstract
abstrak—Gizi seimbang merupakan hal penting dalam kehidupan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui manfaat dari gizi seimbang dalam mencegah anemia terutama pada remaja putri. Metode dari penelitian ini adalah SLR dengan cara mengevaluasi, menyelidiki serta menafsirkan kemungkinan mengenai topik yang di sukai dan pertanyaan dari penelitian tertentu. Data penelitian dalam penelitian dalam bentuk data sekunder. Metode mengumpulkan data menerapkan simak dan catat. Cara validasi data dengan metode triangulasi data. Hasil penelitian menghasilkan bahwa manfaat gizi seimbang itu antaralain 1) meningkatkan kadar hemoglobin 2) menjaga energi dan konsentrasi 3) membantu perkembangan dan pertumbuhan
Kata kunci—gizi seimbang, anemia, remaja putri
Abstract— Balanced nutrition is important in life to maintain a healthy body. The purpose of this analysis is to decide the benefits of balanced nutrition in preventing anemia, especially in adolescent girls. The method of this research is SLR by evaluating, investigating and interpreting the possibilities regarding topics of interest and questions of specific research. The research data in the research is in the form of secondary data. The method of collecting data applies listening and recording. Data validation method using data triangulation method. The results showed that the benefits of balanced nutrition include 1) increasing hemoglobin levels 2) maintaining energy and concentration 3) helping development and growth.
Keywords— balanced nutrition, anemia, adolescent girls
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanto, A., Fatmawati, T. Y., & Efni, N. (2023). PKM gizi seimbang anak usia pra sekolah di TK Islam Baiturrahim. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 5(1), 12-17.https://doi.org/10.36565/jak.v5i1.369.
Astuti, E. R. (2023). Literature Review: Faktor-faktor penyebab anemia pada remaja putri. Jambura Journal of Health Sciences and Research, 5(2), 550-561. https://doi.org/10.35971/jjhsr.v5i2.17341.
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. Journal istighna, 1(1), 116-133. https://core.ac.uk/download/pdf/229112678.pdf.
Djama, N. T. (2017). Kesehatan reproduksi remaja. Jurnal Kesehatan, 10(1), 14-18.. https://doi.org/10.32763/q5yn5t37.
Djibu, R. (2023). Psikologi perkembangan. Solok: Mitra Cendekia Media.
Dtakiyatuddaaimah, D., & Hidjanah, H. (2024). Implementasi pemberian makanan sehat bergizi seimbang dalam rangka meningkatkan status gizi peserta didik paud anak bumi cerdas kecamatan sukmajaya kota depok. Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(2), 365-372. https://doi.org/10.47492/jih.v13i2.3737.
Fatmasari, E. Y., Sriatmi, A., Wigati, P. A., Suryawati, C., & Suryoputro, A. (2024). Penerapan empat pilar gizi seimbang dalam mencegah masalah gizi pada remaja di lingkungan sekolah. Journal of Public Health and Community Service, 3(2), 41-48. https://doi.org/10.14710/jphcs.2024.23638.
Hafsah & Safitri, M. E. (2023) Faktor yang memengaruhi anemia pada remaja putri. Malang: Penerbit NEM.
Hikmah, Y. D., & Hasanudin, C. (2024, June). Eksplorasi konsep matematika dalam pembelajaran di sekolah dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 316-324). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2382/pdf.
Irawan, S., Sudika, I. N., & Hidayat, R. (2020). Karakteristik bahasa gaul remaja sebagai kreativitas berbahasa Indonesia pada komentar status inside Lombok di instagram: Caracteristics of Teenage Slang as Indonesian Language Creativity on Status Comments Inside Lombok on Instagram. Jurnal Bastrindo, 1(2), 201-213. https://doi.org/10.29303/jb.v1i2.44.
Julaecha, J. (2020). Upaya pencegahan anemia pada remaja putri. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 2(2), 109-112. https://doi.org/10.36565/jak.v2i2.105.
Karlina, L. (2020). Fenomena terjadinya kenakalan remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 147-158.. https://core.ac.uk/download/pdf/553315072.pdf.
Khobibah, K., Nurhidayati, T., Ruspita, M., & Astyandini, B. (2021). Anemia remaja dan kesehatan reproduksi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan, 3(2), 11-17. https://doi.org/10.26714/jpmk.v3i2.7855.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.29210/3003210000.
Maharani, S. (2020). Penyuluhan tentang anemia pada remaja. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 2(1), 1-3. https://doi.org/10.36565/jak.v2i1.51.
Nurmala, I., Muthmainnah, M., Rachmayanti. R. D., Devi, Y. P., .... Pratiwi, A. N. I., (2020). Mewujudkan remaja sehat fisik mental dan sosial. Surabaya. Airlangga University Press.
Pratami, T. J., Widajanti, L., & Aruben, R. (2016). Hubungan Penerapan Prinsip pedoman gizi seimbang dengan status gizi mahasiswa S1 departemen ilmu gizi fakultas kesehatan masyarakat Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(4), 561-569. https://doi.org/10.14710/jkm.v4i4.14287.
Puspita, W. R., & Hasanudin, C. (2024, June). Strategi untuk meningkatkan kemampuan berhitung dasar matematika siswa sekolah dasar melalui metode drill. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 1552-1561). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2585.
Rahmawati, T. (2023). Penyuluhan kesehatan anemia pada remaja dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan mencegah kejadian anemia. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 5(1), 186-194. https://doi.org/10.36565/jak.v5i1.499.
Saputro, K. Z. (2018). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25-32. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362.
Siahaan, D. P., Suraya, R., & Siregar, N. H. (2024). Pengaruh edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan remaja di SMP Yayasan Perguruan El Hidayah. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 1364-1371. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.23496.
Sugiarsih, U & Solihah, E. (2022). Meningkatkan kadar hemoglogbin melalui es krim susu kedelai. Bandung: Penerbit NEM.
Tadale, D. L., Ramadhan, K., & Nurfatimah, N. (2021). Peningkatan pengetahuan ibu balita terkait gizi seimbang balita untuk mencegah stunting melalui penyuluhan. Community Empowerment, 6(1), 48-53. https://doi.org/10.31603/ce.4379.
Tepriandy, S., & Rochadi, R. K. (2021). Hubungan pengetahuan dan sikap dengan status gizi siswa MAN Medan pada masa pandemi COVID-19. Tropical Public Health Journal, 1(1), 43-49.https://talenta.usu.ac.id/trophico/article/download/6042/3755.
Umaroh, C., & Hasanudin, C. (2024, June). Teori bilangan: Mengenalkan jenis-jenis bilangan pada anak usia dasar. In Seminar Nasional dan Gelar Karya Produk Hasil Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 370-378). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SNGK/article/view/2457/pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.