Pendidikan Kebudayaan Islam sebagai Upaya Pelestarian Nilai-Nilai Budaya di Desa Panemon
DOI:
https://doi.org/10.31332/aladl.v4i1.2662Kata Kunci:
Islamic religious education, Islamic culture, cultural valuesAbstrak
abstrak—Nilai budaya adalah prinsip, keyakinan, tradisi, norma, dan praktik yang diwariskan dari nenek moyang ke generasi muda dalam masyarakat, membentuk identitas dan cara hidup suatu kelompok atau bangsa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memahami Pendidikan kebudayaan Islam sebagai upaya pelestarian nilai-nilai budaya di desa Panemon. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode library research. Hasil pada penelitian ini adalah untuk memahami 1) Peran Pendidikan Kebudayaan Islam dalam Mempertahankan Tradisi Lokal 2) Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Kegiatan Kebudayaan 3) Pendidikan sebagai Alat Pelestarian Bahasa dan Sastra Daerah 4) Tantangan dan Strategi dalam Menghadapi Modernisasi 5) Dampak Pendidikan Kebudayaan Islam terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat. Kata kunci— Pendidikan agama Islam, Kebudayaan Islam, Nilai-nilai budaya Abstract—Cultural values are principles, beliefs, traditions, norms, and practices that are passed down from generation to generation in society, forming the identity and way of life of a group or nation. The purpose of this research is to understand Islamic cultural education as an effort to preserve cultural values in Panemon village. The method in this research uses library research method. The result of this research is to understand 1) The role of Islamic Cultural Education in Preserving Local Traditions 2) Integration of Islamic Values in Cultural Activities 3) Education as a Tool for Preserving Local Language and Literature 4) Challenges and Strategies in Facing Modernization 5) The Impact of Islamic Cultural Education on the Socio-Economic Life of the Community. Keywords— Islamic religious education, Islamic culture, cultural valuesReferensi
Abidin, Z., Amarullah, R. Q., Syafei, I., Edy, E., (2023). Kebudayaan dalam persepsi Islam. Edusifa jurnal pendidikan Islam, 8(1), 21-26. https://doi.org/10.56146/edusifa.v8i1.50.
Agus, Z. (2019). Konsep pendidikan Islam bagi remaja menurut Zakiah Daradjat. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 11-24. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i1.38.
Indrianto,N.(2020). Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Mustopa, M. (2017). Kebudayaan dalam Islam: mencari makna dan hakekat kebudayaan Islam, jurnal tamaddun, 5(2), 22-35. http://dx.doi.org/10.24235/tamaddun.v5i2.2121.g1364.
Mohtar,I. (2017). Problematika pendidikan agama Islam. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Mawaddah, R. (2014). Membongkar antikuarianisme dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 132-152.
Mutijah, M. (2018). Model integrasi matematika dengan nilai-nilai islam dan kearifan lokal budaya dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-28.
Nurdin, DR, Kom, S., & Kom, M. (2020). Cd interaktif pengenalan sejarah kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Teknologi dan Sains Terapan 4.0, 1 (2), 129-141. https://doi.org/10.29103/tts.v1i2.3251.
Nopitasari (2020). Nilai-nilai desa yang harus kita pelihara. Bandung:CV. Hijaz Pustaka Mandiri.
Putra, H (2012). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Raharjo, R. P., Nugraha, A. S., (2022). Pengantar teori sastra. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Ridwan & Fibrila, F. (2023). Buku ajar memahami ilmu sosial budaya dasar (ISBD) dalam kebidanan. Grobongan: CV. Sarnu untung.
Setyaningsih (2023). Nilai-nilai budaya Madura. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Taofik, A. (2020). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(2), 1-9. https://doi.org/10.17509/ijace.v2i2.30874.
Ulum, M. N. (2022). Problematika pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karangtengah Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. JURNAL PEDAGOGY, 15(1), 138-149. https://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/120.