Kondisi Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Senori

Penulis

  • Lyli Su'udia IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Sevi Ninda Johanes IKIP PGRI BOJONEGORO
  • , Siti Munawaroh IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Zakia Luluk Salsabila IKIP PGRI BOJONEGORO
  • Sutrimah Sutrimah IKIP PGRI BOJONEGORO

DOI:

https://doi.org/10.31332/aladl.v3i1.2093

Kata Kunci:

Learning conditions, Indonesian, junior high school students

Abstrak

abstrak—Pembelajaran merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Dalam proses pembelajaran guru membutuhkan strategi yang tepat agar menghasilkan proses pembelajaran yang maksimal. Pada pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa SMP terkadang masih ada kendala yang dialami oleh guru .Tujuan penelitian kali ini untuk mengetahui kendala yang dialami guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa SMP Negeri 1 Senori. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Data yang diambil merupakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara bersama salah satu guru bahasa Indonesia di SMPN 1 Senori. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bagaimana kondisi pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa SMP Negeri 1 Senori.

 

Kata kunci—Kondisi pembelajaran, bahasa Indonesia, siswa SMP

 

 

abstract— Learning is a teaching and learning process that is carried out to achieve the goals to be achieved. In the learning process the teacher needs the right strategy to produce the maximum learning process. In learning Indonesian for junior high school students, sometimes there are still obstacles experienced by teachers. The aim of this research is to find out the obstacles experienced by teachers in the process of learning Indonesian for students of SMP Negeri 1 Senori. Methods of data collection in this study the authors use qualitative methods. The data taken is primary data obtained from interviews with one of the Indonesian teachers at SMPN 1 Senori. The results of this study can be seen how the condition of Indonesian language learning in students of SMP Negeri 1 Senori.

 

Keywords— Learning conditions, Indonesian, junior high school students

 

Referensi

Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar.

Arsa, I. P. S., & Adiarta, A. (2017). Pengembangkan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Berorientasi Pemberdayaan Karakteristik Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Di Jembrana. Proceeding Semnasvoktek, 2, 390. Retrieved from: http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_187629874755.pdf.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Fighters, K. P. (2022). Peran Bahasa Jawa dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Magelang: Pen Fighters.

Hertiavi, M. D., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1104.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Hirata, A. (2020). Guru aini. Yogyakarta, Indonesia: PT Bentang Perkasa.

Kusumawati, N. & Maruti, E. S. 2019. Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Magetan: CV AE MEDIA GRAFIKA.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16. Retrieved from: https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515.

Nurlelah, N., Wulandari, D., Muktiarni, M., Rokhani, R., ... Hidayat, S. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Zahir Publishing.

PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.

Sriyono, H. 2017. Bimbingan dan konseling bagi siswa di sekolah: Program bimbingan belajar untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Suardi, M. 2018. Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com), 1-6. Retrieved from: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/197012101998022-IIP_SARIPAH/Pengertian_Pendekatanx.pdf

Widiyatmoko, S. (2020). Deskripsi Penalaran Analogi Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey Siswa SMP Negeri 1 Ajibarang. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 4(2), 9-14. http://dx.doi.org/10.30595/alphamath.v4i2.7356.

Diterbitkan

2023-07-15

Terbitan

Bagian

Articles